Breaking News:

Idul Fitri 2021

Jadwal Puasa Syawal Usai Idul Fitri dan Keutamaannya Bagi Umat Islam

Puasa Syawal dianjurkan bagi umat Muslim karena memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaannya Allah akan memberikan kebaikan yang berlimpah.

Penulis: Magang4 | Editor: Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM- Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Setelah sebulan penuh berpuasa di Bulan Ramadan kita akan dihantarkan pada hari kemenangan di Bulan Syawal.

Meskipun berakhirnya bulan Ramadan, kita tetap dapat berpuasa di bulan Syawal atau yang biasa dikenal dengan puasa 6 Syawal.

Puasa Syawal adalah puasa selama enam hari yang dilakukan di bulan Syawal, yakni setelah Ramadhan, yaitu hari kedua Syawal (sehari setelah hari raya Idul Fitri) dan seterusnya.

Puasa Syawal dimulai di hari kedua sampai hari ketujuh bulan Syawal karena pada hari pertama Syawal merupakan Hari Raya Idul Fitri, maka diharamkan untuk berpuasa.

Puasa Syawal juga boleh dilakukan tidak berturut-turut, namun lebih baik jika dilakukan berurutan. Puasa yang keutamaannya memperoleh pahala seperti puasa 1 tahun ini diperkirakan dapat dilakukan mulai 2 Syawal 1442 hijriah atau hari Jum'at  tanggal 14 Mei 2021.

Mengutip tayangan YouTube Tribunnews.com Tanya Ustaz, Ustadz Dr H Ferry Muhammadsyah Siregar MA, selaku pengasuh Pesantren Binsa Insan Mulia menjelaskan bahwa ada banyak keutamaan yang didapatkan dari puasa Syawal.

Ustadz Dr H Ferry Muhammadsyah Siregar MA menjelaskan bahwa, melaksanakan puasa Syawal ganjarannya diibaratkan seperti berpuasa selama 1 tahun.

Hal ini dikarenakan, satu hari puasa di bulan Ramadhan dan puasa di bulan Syawal, diibaratkan seperti berpuasa 10 hari.

"Siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan selama 30 hari penuh, kemudian diikuti 6 hari di bulan Syawal, maka ia seolah berpuasa selama 1 tahun penuh" (HR. Muslim no. 1164)

Dijelaskan juga bahwa dalam hukum Islam selama 1 tahun terdapat 365 hari, dan dalam satu tahun terdapat 5 hari yang diharamkan untuk menjalankan puasa.

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved