Breaking News:

Ikan Pari

Ternyata Ini Racun Ekor Ikan Pari yang Bikin Bahaya, Simak Juga Cara Penanganannya

Meski memiliki kandungan yang baik untuk dikonsumsi, ternyata ada bagian dari ikan ini yang dapat membahayakan mahluk hidup lain

Penulis: Magang5 | Editor: Evan Saputra
Pixabay
Ikan pari. 

BANGKAPOS.COM - Ikan pari dikenal sebagai ikan yang berbentuk bulat dan pipih. Ikan ini merupakan ikan yang memiliki tulang rawan, seperti hiu dan hidup dominan di laut dengan beratu

Ikan pari memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Ikan pari memilki kandungan lemak yang rendah, namun tinggi protein. Ikan pari juga merupakan sumber asam lemak omega-3 dan omega-6.

Selain itu, ikan pari juga kaya vitamin dan mineral mengandung vitamin A, B12, D, Kalsium, Niacin, Fluoride, dan Fosfor.

Namun siapa sangka, meski memiliki kandungan yang baik untuk dikonsumsi, ternyata ada bagian dari ikan ini yang dapat membahayakan mahluk hidup lain, tak terkecuali manusia. 

Bagian tersebut ialah ekor ikan pari yang dapat menyengat. Sengatan tersebut adalah cara pertahanan ikan pari ketika ia merasa terancam.

Sengatan ini akan memberikan berbagai reaksi bagi manusia apabila tak sengaja menginjaknya. Hal ini karena sengatan ikan pari mengandung racun yang mematikan.

Biasanya, saat merasa terancam ikan pari akan langsung menggunakan ekornya untuk menyerang.

Sengatan ikan pari yang berasal dari ekornya tersebut dapat menyebabkan nyeri, kulit robek hingga kerusakan jaringan yang parah. 

Biasanya, telapak kaki dan pergelangan kaki. Hal imerupakan bagian tubuh yang paling sering disengat ikan pari.

Hal ini karena ikan pari  bersembunyi di bawah pasir sehingga kebanyakan orang sulit mendeteksi keberadaannya.Hal tersebut secara tak sadar membuat seseorang tak sengaja menginjak tubuhnya. 

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved