Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

TNI dan Polri Sambangi Warga Melakukan Tes Antigen, Isoter Dibentuk di Masing-masing Desa

tes antigen dari rumah ke rumah warga dalam menekan penularan dan memutus mata rantai penyebaran covid-19

Editor: Agus Nuryadhyn
ISTIMEWA
Ilustrasi rapid test. TNI dan Polri melakukan rapid tes Antigen langsung door to door 

BANGKAPOS.COM  - Komando Resor Militer (Korem) 045/Garuda Jaya bersama Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung menggelar tes antigen Covid‑19 dari rumah ke rumah, guna mendukung program pemerintah daerah dalam menekan kasus dan memutus mata rantai penyebaran virus corona jenis baru.

"Saya perintahkan seluruh anggota polisi di setiap polres hingga polsek untuk melaksanakan tes antigen kepada warga secara door to door," kata Kepala Polda Kepulauan Babel Inspektur Jenderal Polisi Anang Syarif Hidayat di Pangkalpinang, Minggu (8/8/2021).

Anang menyebutkan, tes antigen dari rumah ke rumah warga tersebut sebagai langkah pemerintah dalam menekan penularan dan memutus mata rantai penyebaran Covid‑19 selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 dan 4.

Baca juga: PPKM Darurat atau PPKM Level 4 Diperpanjang Lanjut atau Tidak, Inilah Empat Intruksi Jokowi

Baca juga: Tambah 43 Kasus Baru, Sudah 2.458 Warga Bangka Selatan Terkonfirmasi Positif Covid-19

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan Polri bersama TNI menyukseskan program pembentukan isolasi terpadu pemerintah daerah, guna menekan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit terkait Covid‑19 yang masih tinggi.

"Door to door system ini dilaksanakan oleh TNI/Polri untuk memastikan jika ada keluhan harus langsung dites antigen. Walaupun protokol kesehatan ini dijalankan dengan baik, sistem door to door tetap harus dilaksanakan," ujar Anang.

Menurut dia, warga terpapar virus corona ini tidak harus masuk rumah sakit, tetapi cukup dengan mewajibkan yang bersangkutan untuk masuk isolasi terpadu.

"Saat ini, pemerintah provinsi telah membentuk dua kawasan isolasi terpadu dan isolasi terpadu ini juga akan dibentuk di masing‑masing desa," katanya.

Baca juga: Isoter Efektif Bagi Pasien Terpapar Covid-19, Ratusan Yang Jalani Isolasi Mandiri di Belitung

Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI M Jangkung Widyanto mengatakan, desa yang belum menemukan tempat yang pas untuk dijadikan isolasi terpadu, sementara bisa dilakukan di gedung sekolah.

"Diberlakukan sistem piket dari babinsa agar terawasi dengan baik, selama warga berada dalam isolasi terpadu," ujarnya. (ant)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved