Breaking News:

Lebih Sehat dan Bernutrisi, Ini 5 Bahan Pangan Alami Pengganti Gula

Ada beberapa bahan pangan alami yang bisa digunakan untuk memberi citarasa manis layaknya gula.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Pixabay
Ilustrasi menuangkan madu 

BANGKAPOS.COM - Tak ada yang bisa menyangkal nikmatnya menghirup teh manis di pagi dan sore hari, atau mengudap aneka dessert yang menggoda selera.

Berbagai sajian manis selalu bisa mendongkrak semangat juga membangun mood baik di awal hari.

Meski sumber kalori, namun gula mempengaruhi kinerja hormon insulin sehingga bisa menyebabkan diebetes, penyumbatan pembuluh darah, hipertensi dan masih banyak lagi.

Ketakutan akan melonjaknya gula dalam darah, membuat beberapa orang memilih menyeduh teh dalam citarasa pahit dan sepet aslinya daripada mengambil gula namun merisikokan kesehatan tubuhnya.

Padahal, ada beberapa bahan pangan alami yang bisa digunakan untuk memberi citarasa manis layaknya gula.

Bahan alami pengganti gula ini tentu saja aman. Jika Anda tengah mengurangi gula, ambillah beberapa bahan alami ini sebagai pengganti asupan kalori untuk tubuh.

1. Madu
Madu mengandung banyak nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh seperti niacin, thiamin dan vitamin B6.

Dilansir dari Healthline, meski madu tak semanis gula biasa dan tak mengandung nutrisi seperti gula, namun tubuh tetap akan menyerap dan mengolahnya layaknya zat gula.

Namun hati-hati dalam memilih madu, karena ada yang berupa madu murni dan madu yang sudah dicampuri dengan berbagai zat pemanis lainnya.

Jika ingin menyesap teh sekaligus mendapatkan nutrisi ala superfood madu, maka Anda harus memilah madu dari peternakan yang paling terpercaya.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved