Breaking News:

bangka pos hari ini

Pemerintah Kecamatan Lepar Pongok Siagakan Isoter, Manfaatkan Bangunan Yang Ada di Desa

satu desa ada satu Isoter yang bisa dimanfaatkan sebagai wisma karantina bagi masyarakat yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid 19

Editor: Agus Nuryadhyn
Ist/Rudi Hartono
Wisma isolasi terpadu (isoter) di Desa Kumbung yang disiagakan demi mencegah penyebaran Covid-19 di Kecamatan Lepar Pongok 

BANGKAPOS.COM -  Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Kecamatan Lepar Pongok, Bangka Selatan, menyiagakan gedung isolasi terpadu (Isoter) bagi masyarakat di setiap desa.

Namun, pemanfaatan Isoter di tiap desa ini, belum dapat dimanfaatkan lantaran kasus yang masih terbilang aman.

Plt Camat Lepar Pongok, Rudi Hartono mengatakan satu desa ada satu Isoter yang bisa dimanfaatkan sebagai wisma karantina bagi masyarakat yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid 19.

"Jika memang kasus di daerah kita mengalami peningkatan maka Isoter yang sudah kita siagakan dapat dimanfaatkan. Agar pelaksanaan karantina berjalan secara efektif, maka di masing masing desa sudah kami siapkan gedung Isoter," ujar Rudi, Selasa (31/8/2021).

Menurutnya, Isoter di tiap desa ini memanfaatkan gedung atau bangunan yang telah ada.

Baca juga: Tunjangan Transportasi dan Perumahan DPRD Bangka Selatan Tembus Rp 7,2 M, Naik Dua Kali Lipat

Misalnya, Isoter Desa Penutuk yang memanfaatkan Kantor PAM Desa Penutuk, atau Isoter Desa Tanjung Labu yang memanfaatkan gedung kantor kecamatan yang lama.

Sedangkan di Desa Tanjung Sangkar, Isoter yang dimanfaatkan yaitu gedung sekolah dan di Desa Kumbung, Isoter yang dimanfaatkan yakni berupa gedung Puskesdes Kumbung.

"Selain penyiagaan Isoter, kami juga terus mengingatkan masyarakat agar terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar pencegahan penyebaran Covid 19 tetap dapat dilakukan," ungkapnya.

Rudi mengakui tenaga kesehatan yang nantinya akan ditugaskan di wisma Isoter di tiap desa, akan diperbantukan Nakes dari Puskesmas Tanjung Labu.

"Untuk Nakesnya secara keseluruhan akan diperbantukan dari Puskesmas Tanjung Labu dan diperbantukan lagi oleh Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Kecamatan Lepar Pongok," jelasnya.

Baca juga: Mendagri Dijadwalkan Kunjungi Bangka Belitung

Gerai vaksinasi

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Basel, Supriyadi mengakui upaya vaksinasi hingga kini terus disalurkan masyarakat penerima di seluruh titik yang telah ditetapkan di wilayahnya.

Setidaknya ada 13 titik gerai yang tersebar di setiap kecamatan di Basel, yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menerima vaksinasi.

"Sebanyak 13 titik gerai ini berada di 10 Puskesmas yang tersebar di Basel, RSUD Basel, RS Pratama Kriopanting Kecamatan Payung dan di Polres Basel. Di setiap Puskesmas itu akan terus kita distribusikan stok vaksin sehingga jika ada masyarakat yang membutuhkan dapat disalurkan. Jika ada kegiatan kegiatan juga terkadang kita lakukan vaksinasi di tempat umum seperti kalau di Toboali itu ada Gedung Nasional, rumah ibadah, lapangan bola dan titik keramaian lainnya," ujar Supriyadi.

Baca juga: Angka Covid 19 Melandai, Kapolda Babel: Jangan Abai Tetap Jaga Prokes

Selain itu diakuinya, Puskesmas sesekali juga melakukan jemput bola di desa desa di wilayah kerjanya masing masing.

Halaman
12
Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved