Breaking News:

Materi Belajar

Kunci Jawaban Tema 5 Sub Tema 2 Kelas 5 SD Halaman 61, 62, 65, dan 69 Tentang Ekosistem

Berikut merupakan kunci jawaban Buku Tematik Tema 5 Ekosistem sub tema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Buku Tematik Kelas 5 SD
Tema 5 sub tema 2 kelas 5 SD ekosistem 

BANGKAPOS.COM -  Berikut merupakan kunci jawaban Buku Tematik Tema 5 Ekosistem sub tema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem kelas 5 SD.

Kunci jawaban ini merupakan jawaban untuk soal halaman 61, 62, 65, dan 69. Simak bacaan berikut ini.

Setelah selesai, diskusikan hasil penjelasanmu dengan pasangan lain di kelas. Kemudian, lakukan diskusi kelas bersama teman-teman sekelasmu dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini bersama-sama.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 5 Subtema 2 Kelas 5 SD Halaman 56, 57, 58, dan 60 Apa Itu Ekosistem?

Baca juga: Ingat Nur Khamid yang Nikahi Polly Alexandria Bule Inggris, Istri Dikabarkan Berselingkuh

Jawaban halaman 61:

1. Apa yang dimaksud aliran energi pada sebuah rantai makanan?
2. Adakah hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi? Jelaskan!
3. Jelaskan peran produsen penting dalam sebuah rantai makanan.
4. Rantai makanan pada puncaknya disebut konsumen puncak. Apabila konsumen puncak punah, apa yang akan terjadi pada konsumen I dan konsumen II?

Jawaban :

1. Aliran energi pada sebuah rantai makanan yaitu perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain, dalam bentuk zat makanan dan terjadi saat mahkluk hidup memakan makhluk hidup lain.

2. Terdapat hubungan antara rantai makanan dengan aliran energikarena semua makhluk hidup memerlukan energi untuk melakukan aktivitas hidupnya dan energi tersebut dapat diperolehnya dari makanan. Proses konsumsi makanan dalam ekosistem merupakan proses transfer atau perpindahan energi. Aliran energi dalam ekosistem dapat digambarkan dengan rantai makanan dan jaring makanan.

3. Peran produsen sangat penting pada suatu rantai makanan karena produsen sebagai penghasil makanan untuk konsumen tingkat 1. Bila tidak ada produsen tentu saja rantai makanan bisa terganggu dan konsumen – konsumen tidak dapat bertahan hidup.

4. Jika konsumen puncak tidak ada maka konsumen 1 akan berkurang, karena dimangsa oleh konsumen 2 yang bertambah banyak. Konsumen 2 akan bertambah banyak karena mendapatkan mangsa dari konsumen ke-2 dan tidak dimangsa oleh konsumen puncak.

Baca juga: BARU, Syarat Terbang Menuju ke dan di Provinsi Bangka Belitung Tak Harus Lampirkan Hasil Tes PCR

Jawaban halaman 62:

Sekarang bersama teman sebangkumu, buatlah sebuah rantai makanan yang terdiri atas satu produsen, empat tingkat konsumen, dan satu pengurai. Jangan lupa untuk menyebutkan jenis ekosistemnya.

Jawaban :

Rantai makanan ekosistem di darat terdapat beberapa komponen-komponen yang berperan yaitu rumput. Tumbuhan memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Kemudian rumput dimakan belalang karena merupakan konsumen tingkat I. Setelah itu belalang dimakan tikus karena merupakan konsumen tingkat II. Kemudian tikus dimakan ular karena merupakan konsumen tingkat III.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved