Breaking News:

Sederhana, Ini Cara Antisipasi Jika Berkunang-kunang karena Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah memang terkadang merepotkan. Ketika tengah berada di luar rumah, berbagai gejala bisa muncul dan menganggu aktivitas.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Thinkstock
Pusing kepala saat puasa bisa disebabkan berbagai hal, di antaranya penurunan gula darah secara tiba-tiba. 

BANGKAPOS.COM - Berkunang-kunang karena tekanan darah rendah? Tak perlu bingung, Anda hanya butuh melakukan beberapa tindakan sederhana saja untuk meningkatkan tekanan darah.

Tekanan darah rendah memang terkadang merepotkan. Ketika tengah berada di luar rumah, berbagai gejala bisa muncul dan menganggu aktivitas.

Gejala tekanan darah rendah bisa berupa pusing, berkunang-kunang, pandangan kabur, sulit berkonsentrasi, lemah dan lesu, juga napas yang pendek dan cepat.

Seseorang dikatakan bertekanan darah rendah jika tekanan darahnya di bawah 90/60 mmHg. Nah ketika tekanan darah drop dan berbagai gejala menganggu, segara lakukan beberapa terapi ringan berikut ini:

1. Makan sajian bergaram
Dilansir dari Medical News Today, seseorang dengan tekanan darah rendah harus meningkatkan asupan garamnya untuk meningkatkan tekanan darahnya.

Jadi ketika Anda merasa beberapa gejala sudah berdatangan, segera kudap makanan atau sajian dengan kandungan garam cukup tinggi seperti keripik atau biskuit yang bercita rasa asin gurih.

2. Duduk menyilangkan kaki
Tengah berada di lokasi kerja ketika pusing melanda? Segera cari tempat duduk dan duduklah dengan menyilangkan kaki.

Duduk dengan pose begini dipercaya bisa meningkatkan tekanan darah dengan cukup cepat dan efektif.

3. Minum air mineral
Ketika beberapa gejala datang, segera tambah asupan cairan di dalam tubuh Anda. Perbanyaklah minum air mineral agar tubuh mendapat banyak cairan yang menyehatkan.

Jika cairan bertambah, maka sel darah merah juga akan bertambah. Hal ini mengurangi satu penyebab munculnya gangguan tekanan darah rendah, yaitu karena kurangnya sel darah merah.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved