Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pangkalpinang Berhasil Raih Penghargaan Kota Sehat Predikat Swasti Saba Wiwerda

Penyerahan penghargaan Swasti Saba Wiwerda atau penghargaan untuk Kabupaten dan Kota Sehat (KKS) di Indonesia

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Penyerahan penghargaan Swasti Saba Wiwerda atau penghargaan untuk Kabupaten dan Kota Sehat (KKS) di Indonesia untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima langsung Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr Masagus M Hakim, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) kota Pangkalpinang, M Belly Jawari  di gedung Blok C Adhyatma, Mph Kementrian Kesehatan RI, Rabu (24/11/2021) di Jakarta Pusat.

Hanya ada empat Kota di Indonesia yang menerima penghargaan Swasti Saba Wiwerda, selain Pangkalpinang, juga diraih oleh Tebo, Nganjuk, dan Sumedang.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Koordinator Poksi Penyehatan Udara, Tanah dan Kawasan, Direktorat Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia Cucu Cakrawati Kosim.

Setelah sebelumnya Pengumuman penghargaan tersebut sudah diumumkan secara virtual melalui zoom meeting oleh Menteri Kesehatan Budi Sadikin Gunadi dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Rabu (17/11/2021) lalu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Pangkalpinang sekaligus selaku Ketua Tim Pembina Kota Sehat Pangkalpinang, M Belly Jawari menyebut penghargaan ini atas kerja keras seluruh Pemerintah Kota Pangkalpinang.

"Alhamdulillah Kota Pangkalpinang mendapatkan penghargaan kota sehat kategori Swasti Saba Wiwerda, penghargaan ini merupakan kerja keras pemerintah kota, seluruh OPD dan masyarakat pangkapinang," ungkap Belly kepada Bangkapos.com.

Menurut Belly, dari 514 Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia Kota Pangkalpinang termasuk yang lolos verifikasi bersama 35 kabupaten dan kota yang lain.

Sementara, di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kota Pangkalpinang satu-satunya yang lolos verifikasi dokumennya.

Belly menyebut, adapun penilaian Kabupaten dan Kota Sehat (KKS) dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu tahapan verifikasi dokumen dan tahapan verfikasi lapangan.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved