Breaking News:

Mengurangi Kecanduan Gadget dengan Konseling SFBC

Kebutuhan teknologi merupakan sebuah kebutuhan penting dan mendesak saat ini. Hal itu terjadi, karena teknologi sangat dibutuhkan untuk banyk hal.

Penulis: iklan bangkapos | Editor: Novita
ist
Mahasiswi PPG BK PRAJABATAN UAD Annisa Dwi Rahmadesti, S.Pd 

BANGKA - Pendidikan adalah usaha sadar dan direncanakan untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya, untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Mendapatkan pendidikan pun hak setiap orang. Di zaman sekarang, banyaknya kemajuan dalam segala bidang semakin memudahkan proses pendidikan tersampaikan. Kemajuan perkembangan teknologi tentu sebaiknya dimanfaatkan dengan baik agar perkembangan sistem pendidikan  di Indonesia pun dapat lebih maksimal.

Satu di antaranya perkembangan teknologi dan informasi. Perkembangan media teknologi informasi dan komunikasi pada era sekarang ini, menunjukkan betapa banyak media komunikasi yang beredar dalam masyarakat.

Banyaknya kemajuan teknologi di zaman global ini, tentu akan menjadi dampak negatif dan positif bagaimana cara pemanfaatannya dan intensitas penggunaan. Kegiatan yang dilakukan oleh manusia sehari-hari tidak terlepas dari pengaruh teknologi yang ada di sekitarnya. Hal ini membuktikan bahwa daya pikir manusia serta pola perilaku manusia semakin maju dan berkembang dengan pesat.

Sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di masa kini, terdapat  sebuah perangkat teknologi yang paling dibutuhkan dan sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Yakni sebuah alat utama dalam berkomunikasi serta dapat mengakses  informasi-informasi penting di dalamnya yang melebihi kecanggihan pada masa sebelumnya, yaitu teknologi smartphone.

Dunia pendidikan memerlukan teknologi dalam menerapkan ilmu pengetahuannya pada siswa di sekolah, dengan tujuan agar perkembangan proses pembelajarannya akan lebih baik. Yaitu dengan menggunakan media teknologi smartphone.

Kebutuhan teknologi merupakan sebuah kebutuhan penting dan mendesak saat ini. Hal itu terjadi, karena teknologi sangat dibutuhkan untuk keperluan banyak hal.

Selain itu, hasil teknologi itu sangat mudah didapatkan, karena harganya ada yang murah dan ada juga yang mahal, dan diburu sesuai kantong ekonomi penggunanya (Pebriana, 2017).

Gadget sangat berdampak pada pola kehidupan manusia baik dari segi pola pikir, pola rasa maupun pola perilaku. Penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya berdampak pada pikiran, rasa dan perilaku orang dewasa, tetapi anak-anak pun tidak luput dari dampaknya. Memang dengan bantuan teknologi seperti gadget, dapat mempercepat kegiatan manusia, sehingga tidak memakan waktu yang lama.

Gadget juga dapat berdampak positif bagi penggunanya. Yaitu berkembangnya imajinasi, melatih kecerdasan, meningkatkan rasa percaya diri, dan mengembangkan kemampuan memecahkan masalah.

Sebaliknya, gadget juga bisa berdampak negatif sangat kuat sekali, antara lain dapat memutuskan hubungan atau interaksi sosial, dapat berakibat pada menurunnya prestasi belajar, bahkan dapat merusak kesehatan fisik (misalnya mata) dan mental penggunanya (Rozalia, 2017).

Anak-anak menggunakan gadget untuk berbagai keperluan seperti bermain game, menonton video, mendengarkan lagu, mengobrol dengan teman-teman mereka, menjelajahi berbagai situs web.

Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka dalam kegiatan ini dan tidak memperhatikan postur tubuh mereka, kecerahan layar, dan jarak layar dari mata mereka yang pada akhirnya berdampak pada penglihatan dan kesehatan mereka.

Usia anak merupakan masa emas, masa ketika anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Pada usia ini, anak paling peka dan potensial untuk mempelajari sesuatu, rasa ingin tahu anak sangat besar. Hal ini dapat kita lihat dari anak sering bertanya tentang apa yang mereka lihat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved