Breaking News:

Mudik Lebaran

Jangan Coba-coba Mudik Lewat Jalan Tol Trans Jawa Pada Tanggal Ini Jika Tak Mau Terjebak Macet Parah

Sejumlah ruas jalan tol dan non jalan tol di Pulau Jawa diprediksi macet saat puncak arus mudik dan arus balik lebaran 2022.

Editor: fitriadi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, Jumat (8/6/2018). Sejumlah ruas jalan tol dan non jalan tol di Pulau Jawa diprediksi macet saat puncak arus mudik dan arus balik lebaran 2022. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -

Sejumlah ruas jalan tol dan non jalan tol di Pulau Jawa diprediksi macet parah saat puncak arus mudik lebaran 2022.

Presiden Joko Widodo memprediksi kondisi jalan yang dilalui arus mudik akan macet parah, sebab diperkirakan akan ada 23 juta mobil dan 17 juta motor yang digunakan para pemudik.

“Dari survei Kementerian Perhubungan didapatkan hasil bahwa akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan oleh para pemudik, ini adalah jumlah yang sangat besar, dan diperkirakan akan terjadi kemacetan parah,” ucap Jokowi dalam keterangan video yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Senin (18/4/2022), dikutip dari Kompas.com.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengimbau masyarakat untuk menghindari puncak arus mudik pada 28, 29 dan 30 April 2022.

Baca juga: Tanpa Disadari Sering Dilakukan Istri, Ini Penyebab Suami Selingkuh dan Berpaling ke Wanita Lain

Sebelumnya PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada 29 April 2022 atau H-3. Sementara untuk puncak arus baliknya diproyeksikan terjadi pada 8 Mei 2022 atau H+5 Lebaran.

Sementara itu PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperkirakan puncak arus mudik lebaran tahun ini terjadi pada 30 April dan 1 Mei 2022.

PT KAI juga memprediksi puncak arus balik lebaran 2022 bakal terjadi pada pada 7 hingga 8 Mei.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub telah memantau beberapa titik rawan kemacetan di Jalan Tol Trans-Jawa maupun di luar jalan tol pada saat mudik Lebaran 2022.

Direktur Operasi Jasa Marga Tollroad Operator Yoga Trianggoro menyebut beberapa titik rawan kemacetan di Tol Trans Jawa, di antaranya Tol Jakarta-Cikampek (Japek), tepatnya di KM 66 arah ke Tol Purbaleunyi.

"Titik-titik rawan kemacetan ada di beberapa lokasi ya, tentu saja di sepanjang ruas kita ada beberapa lokasi," terang Yoga usai konferensi pers di Bekasi, Senin (11/4/2022) dikutip dari Kompas.com.

Yoga menyebutkan sejumlah lokasi jalan Tol Trans Jawa yang diprediksi rawan kemacetan, sebagai berikut:

  • KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah ke Purbaleunyi
  • GT Cikampek Utama Tol Jape
  • GT Kalikangkung Tol Semarang-Solo
  • GT Banyumanik Tol Semarang-Solo

Beberapa rest area juga yang berpotensi terjadi kepadatan. 

Namun demikian, Jasa Marga telah mengantisipasi hal tersebut dengan menambah fasilitas transaksi berupa gardu maupun mobile reader.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved