Breaking News:

RMB IAIN SAS Bangka Belitung Rilis Modul Penguatan Moderasi Beragama

Moderasi beragama merupakan salah satu program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: M Ismunadi
IAIN SAS Babel
IST 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Moderasi beragama merupakan salah satu program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. 

Guna mendukung program penguatan moderasi beragama khususnya di wilayah Provinsi Kep. Bangka Belitung, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melalui Rumah Moderasi Beragama (RMB) merilis modul penguatan moderasi beragama. 

Modul penguatan moderasi beragama dikembangkan dengan mengintegrasikan materi moderasi beragama, nilai-nilai universal agama, kearifan lokal, dan fenomena di Indonesia khususnya di Provinsi Kep. Bangka Belitung dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami.

Selain itu, terdapat pula games atau permainan interaktif yang mengandung nilai-nilai moderasi beragama yang dapat digunakan untuk menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama.

Ketua Rumah Moderasi Beragama Dr. Noblana Adib, M.Pd.I, M.A. dalam arahannya mengatakan, “Dewasa ini masih banyak masyarakat yang salah dalam memaknai moderasi beragama, ada yang beranggapan bahwa moderasi beragama itu program pendangkalan aqidah," ujarnya saat di wawancarai, Senin (20/6/2022).

"Namun faktanya, moderasi beragama memiliki tujuan yang mulia yaitu menjaga dan melindungi masyarakat dari paham-paham radikal, ucapnya. Modul penguatan moderasi beragama yang dikembangkan diharapkan dapat memudahkan masyarakat khususnya mahasiswa atau peserta didik dalam memahami maksud dan tujuan moderasi beragama," lanjutnya.

Dalam waktu dekat, modul moderasi beragama ini akan digunakan oleh Tim Rumah Moderasi Beragama IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung dalam program penguatan nilai-nilai moderasi beragama bagi peserta didik tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas, tujuannya adalah menanamkan sejak dini nilai-nilai moderasi beragama sehingga dapat melahirkan generasi yang moderat, kata Adib.

Kedepannya, Rumah Moderasi Beragama IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung akan menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan organisasi masyarakat dalam rangka penguatan moderasi beragama di Provinsi Kep. Bangka Belitung. (Advertorial)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved