Breaking News:

Rektor IAIN SAS Babel Hadiri Pembukaan KKN Melayu Serumpun Angkatan III UIN Ar-Raniry

Pelaksanaan kegiatan KKN, Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Melayu Serumpun Angkatan III Se-Sumatera Tahun 2022 secara resmi dibuka.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: M Ismunadi
IAIN SAS Babel
IST 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Melayu Serumpun Angkatan III Se-Sumatera Tahun 2022 secara resmi dilakukan pembukaan dan pembekalan bagi para peserta, Rabu (22/6/2022).

Pembukan dan Pembekalan Peserta KKN Melayu Serumpun Angkatan III PTKN Se-Sumatra yang dilaksanakan di Aceh Jaya kali ini bertemakan “Pengembangan Pariwisata Halal dalam Budaya Melayu Serumpun”.

Kegitan yang diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Se-Sumatera dilaksanakan di Banda Aceh.

Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr.Irawan, M.S.I turut hadir pada kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Agama Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si. 

Acara ini diikuti dan dihadiri oleh para Rektor dan Ketua PTKIN Se- Sumatera serta Ketua lembaga pengabdian pada masyarakat Se-Sumatera dan Dr. Suparta, M. Ag (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada (Masyarakat), Dr. Noblana Adib, M. Pd.I,.MA (Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat), Eva Harista, M. Pd (Dosen Pembimbing Lapangan)

Pelaksanaan pembukaan dan pembekalan kegiatan KKN/KPM Melayu Serumpun dilakukan di ruang auditorium UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Diikuti oleh seluruh peserta termasuk dari IAIN SAS Bangka Belitung  yang telah mengirimkan 8 mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini adapun nama-nama mahasiswa yang mengikuti KKN Melayu Serumpun Se-Sumatera tersebut yakni, Siti Fatimah Prodi Psikologi Islam, Arman Hidayat Prodi Pendidikan Agama Islam, Muhammad Azan Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Abdul Somad Prodi Akuntansi Syariah, Wahyu Firdaus Prodi Bimbingan Konseling Islam, Nurhidayah Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Nanda Mereta Prodi Bimbingan Koseling Pendidikan Islam, dan Riska Dewi Prodi Akuntansi Syariah.

Para peserta KKN Melayu Serumpun Angkatan III Se-Sumatera Tahun 2022 dari IAIN SAS Bangka Belitung yang mengikuti kegiatan ini telah tiba di Banda Aceh setelah melakukan perjalanan dan sebelumnya telah dilepas secara resmi oleh Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr.Irawan, M.S.I pada Jum’at yang lalu (17/6).

Dalam kegiatan ini Seluruh peserta perwakilan dari Kampus PTKIN se-Sumatera menerima materi yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olah Raga (Parekrafpora) Kabupaten Aceh Jaya Juanda, S.Pd.I., M.Pd. dan dilanjutkan dengan materi adat Aceh dari  Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Drs. Tgk. H. Anwar Ibrahim yang dilaksanakan di Auditorium Prof. Ali Hasjmy UIN Ar-araniry.

Materi yang disampaikan adalah mengenalkan pariwisata yang ada di Aceh Jaya dan budaya serta adat istiadat masyarakat Aceh. Hal ini sangat penting disampaikan karena peserta berasal dari berbagai daerah di pulau Sumatera.

Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr. Irawan, M.S.I berharap agar  mahasiswa menjaga nama baik lembaga, memahami budaya dan adat istiadat di tempat KKN, dan menghargai perbedaan.

“Mahasiswa yang dikirim KKN Melayu Serumpun merupakan duta IAIN SAS Babel sehingga mahasiswa senantiasa menjaga nama baik lembaga. Rektor juga berharap KKN berjalan lancar hingga akhir, “Saya harap Kegiatan ini berjalan lancar dan para mahasiswa bisa kembali ke Bangka Belitung  dengan selamat”, pungkasnya. Rektor juga berpesan kepada mahasiswa agar selalu bersikap sopan dalam bermasyarakat dan memberikan yang terbaik dari apa yang dimiliki masing-masing peserta. (Advertorial)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved