Breaking News:

Kolaborasi Kemenag Basel, IAIN SAS Babel Intensifkan Penguatan Moderasi Beragama

Dalam rangka meningkatkan keberagaman dan kerukunan di antara umat beragama, dimana Indonesia merupakan negara yang memiliki kultur sangat beragam.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: M Ismunadi
IAIN SAS Babel
IST 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dalam rangka meningkatkan keberagaman dan kerukunan di antara umat beragama, dimana Indonesia merupakan negara yang memiliki kultur yang sangat beragam. 

Moderasi beragama bukanlah upaya memoderasikan agama, melainkan memoderasi pemahaman dan pengamalan masyarakat dalam beragama. 

Moderasi beragama sangat penting untuk ditanamkan diberbagai lapisan masyarakat dan Pemerintah saat ini tengah mensosialisasikan moderasi beragama sebagai salah satu langkah untuk menghargai perbedaan keyakinan di masyarakat.

Koodinator KKN Moderasi Beragama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Bangka Belitung Dr. Subri, M.S.I mengatakan bersama mahasiswa KKN Moderasi beragama menggandeng kemenag Bangka Selatan untuk bersinergi dalam membumikan nilai-nilai moderasi beragama.

KKN Moderasi Beragama sangat penting sebagai wadah penyemaian nilai-nilai moderasi beragama. 

Kebutuhan terhadap narasi keagamaan yang moderat tidak hanya menjadi kebutuhan personal, tapi juga kelembagaan. 

Maka, penguatan moderasi beragama di IAIN SAS Bangka Belitung  tidak terbatas pada sivitas akademika internal, melainkan juga menggandeng para stakeholder di luar kampus.

“Kegiatan ini merupakan salah satu langkah Rumah Moderasi Beragama IAIN SAS Bangka Belitung untuk menjalankan fungsi penguatan dan fasilitasi dalam membumikan nilai-nilai toleransi, harmoni, yang semuanya bertujuan untuk mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan," terang Subri

Kemenag Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H Sekaligus kami menyampaikan terima kasih kepada IAIN SAS Bangka Belitung  yang telah bersinergi di berbagai bidang khususnya dalam pembinaan umat. 

Bahwa Kemenag Basel sebagai salah satu satker dari Kementerian Agama sangat mendukung program pemerintah untuk meningkatkan penguatan moderasi bagi seluruh masyarakat.

Diharapkan kegiatan sosialisasi dan penguatan moderasi beragama ini dapat diikuti secara sungguh-sungguh dan runtut agar peserta memiliki pemahaman yang komprehensif.

Bagaimana sesungguhnya bermoderasi beragama, untuk selanjutnya dapat mengedukasi masyarakat tentang praktik-praktik keagamaan yang moderat dengan adanya kegiatan sosialisasi moderasi beragama dapat meningkatkan kemajemukan seluruh masyarakat. (Advertorial)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved