Breaking News:

Doa

4 Doa Meminta Rezeki dan Keberkahan di Hari Jumat, termasuk Doa yang Dibaca Rasulullah di Jumat Pagi

Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi....

Freepik.com
Ilustrasi Berdoa Awal Tahun Lengkap Doa Akhir Tahun 

BANGKAPOS.COM -- Hari Jumat menjadi hari yang utama untuk meningkatkan amal ibadah atau berbuat kebaikan. Semua ibadah yang dikerjakan pada hari Jumat mendapat nilai lebih utama ketimbang hari lainnya.

Umat Muslim juga dianjurkan melantunkan banyak doa pada hari Jumat, terutama pada waktu Ashar. Sebab, Ashar disebut waktu yang terbaik untuk memanjatkan doa, seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut:

“Pada hari Jumat terdapat suatu waktu, di mana jika ada seorang hamba Muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah seteah Ashar.” (HR. Ahmad)

Ada banyak amalan-amalan yang biasanya diutamakan pada hari Jumat.

Adapun hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah SAW yang tertuang pada Hadis Riwayat Muslim yang berbunyi: “Hari baik yang paling baik ketika terbitnya matahari adalah hari Jumat.

Baca juga: Bacaan Doa Jumat Pagi Agar Lancar Rezeki Hingga Melebur Segala Dosa

Baca juga: Bacaan Doa Tidur dan 2 Doa Dahsyat yang Dianjurkan Dibaca Ketika Alami Mimpi Buruk

Baca juga: Dahsyatnya Doa Pendek ini, Disebut sebagai doa Penghapus Dosa Besar dan Kecil

Pada hari itu saat Adam diciptakan, Adam dimasukkan ke surga, dan kemudian beliau (Adam) dikeluarkan dari surga. Sementara hari kiamat tidaklah terjadi selain pada hari Jumat” (HR. Muslim).

Dari Hadis Riwayat Ibnu Majah; Hasan: “Sesungguhnya Jumat adalah tuannya hari, serta hari yang paling mulia, paling agung disisi Allah SWT” (HR. Ibnu Majah; Hasan).

Berikut kumpulan doa yang dapat dipanjatkan untuk meminta rezeki dan keberkahan kepada Allah SWT di hari Jumat.

1. Doa Memohon Keberkahan di Hari Jumat

“Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah.”

Artinya: Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi.

2. Doa Memohon Rezeki

Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludztu fa najjini mimma yu’dzini anta hasby wa ni’mal wakil, Allahumma raddhini bi qadhaika, wa qanni’ni bi athaika, waj ‘alni min awliyaika.”

Artinya: Ya Allah SWT, aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku. Dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu.

Baca juga: Bacaan Doa Pelancar Rezeki yang Dibaca saat Keluar Rumah dan Doa Pendek Utang Segunung Cepat Lunas

Baca juga: Bacaan Doa Senin Pagi agar Dipenuhi Keberkahan Lengkap Doa Pagi Hari serta Doa Berangkat Kerja

Baca juga: Doa Siang Hari, Mohon Ampunan dan Memohon Rezeki yang Terus Mengalir Tanpa Henti

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved