Breaking News:

Ramadhan 2023

Inilah Dalil Perintah Puasa Ramadan dalam Al Quran Menurut Ulama Ustaz Adi Hidayat

Dalil perintah mengerjakan puasa ramadan dalam Al Quran menurut ulama Ustaz Adi Hidayat.

Penulis: Widodo | Editor: Dedy Qurniawan
YouTube Qultum TV
Dalil perintah mengerjakan puasa ramadan dalam Al Quran menurut ulama Ustaz Adi Hidayat. 

BANGKAPOS.COM -- Bulan Ramadan hampir menyisakan dua bulanan lagi.

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat suci bagi umat Islam.

Di sana terdapat perintah menjankan ibadah puasa Ramadan.

Bulan Maret 2023 nanti umat Islam pun akan melaksanan puasa Ramadan.

Lalu apa dalil mengenai perintah puasa Ramadan?

Berikut penjelasan ulama Ustaz Adi Hidayat dalam sebuah video yang dilansir Bangkapos.com di kanal YouTube Qultum TV pada Kamis 5 Januari 2023.

landasan yang disebut dalam Al Quran mengenai dalil puasa Ramadan dan perintah-perintahnya, utamanya dalam Surat Al Baqarah, seperti disebut Ustad Adi Hidayat.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

"Syahru ramaḍānallażī unzila fīhil-qur`ānu hudal lin-nāsi wa bayyinātim minal-hudā wal-furqān, fa man syahida mingkumusy-syahra falyaṣum-h, wa mang kāna marīḍan au 'alā safarin fa 'iddatum min ayyāmin ukhar, yurīdullāhu bikumul-yusra wa lā yurīdu bikumul-'usra wa litukmilul-'iddata wa litukabbirullāha 'alā mā hadākum wa la'allakum tasykurụn."

Artinya:

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur," (Q.S Al Baqarah: 185)

Ustad Adi Hidayat menyampaikan bahwasanya ayat di atas merupakan rangkaian ayat puasa yang tidak berdiri sendiri di dalam Al-Qur'an.

"Rangkaian ayat puasa itu didapatkan dari ayat 183 sampai dengan ayat 187," terang Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat juga menyampaikan bahwasanya tidak ada tuntunan hidup yang paling komplit dan akan ditemui oleh setiap umat kecuali dalam agama Islam.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved