BangkaPos/

Guru SMAN 1 Manggar Ikuti Pelatihan E-Learning

Guna meningkatkan pemahaman dan aplikasi tentang pembelajaran berbasis teknologi,

Bismi
Wakasek Humas SMAN 1 Manggar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Guna meningkatkan pemahaman dan aplikasi tentang pembelajaran berbasis teknologi, guru SMA Negeri 1 Manggar mengikuti  pelatihan E-Learning. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari yakni Sabtu dan Senin (9-11/12/2011).

Materi pelatihan diberikan oleh Robby. ST, dosen TIK Widya Pertiwi dan Itenas Bandung yang ahli di bidang programmer, networking dan operating system.

Meteri yang diberikan mengenai E-Learning sekolah dan pembuatan blog pembelajaran bagi guru mata pelajaran.

Menurut Robby, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini dapat dimanfaatkan oleh guru-guru dalam mengelola pembelajaran di sekolah.

Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat, lanjutnya, dapat mempermudah guru dalam memberikan materi pelajaran.

Guru bisa memberikan materi atau tugas kepada siswa melalui blog pembelajaran yang diakses siswa melalui internet. Hal ini memungkinkan proses belajar berlangsung dinamis dan menyenangkan, karena siswa bisa lebih leluasa menuangkan ide-ide dan pikiran mereka.

Sayangnya akses jaringan di sini masih terbatas, sehingga penggunaan teknologi informatika dan komunikasi belum bisa dilaksanakan secara maksimal. Padahal, penerapan pendekatan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan kontektual merupakan salah satu karakteristik SMA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).

Menurut Ketua Pelaksana Pelatihan E-Learning SMA Negeri 1 Manggar, M. Hamsidi, pelatihan E-Learning bagi guru-guru SMA Negeri 1 Manggar ini merupakan salah satu upaya sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru menggunakan dan mengembangkan teknologi komunikasi dan informasi secara professional.

Sebagai sekolah RSBI,  seluruh tenaga pendidik dan kependidikan harus mampu memfasilitasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

“Kebetulan tahun ini kita dapat dana bantuan sosial untuk E-Learning, dan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan kita ke SMAN 1 Tanggerang kemarin, ” ujar Hamsidi.

Salah satu peserta pelatihan, Neyni Elis Indrayana mengatakan, sangat terkesan dengan pelatihan E-Learning ini. Menurut dia, banyak manfaat dari pelatihan ini diantaranya, guru-guru dapat membuat blog pembelajaran, mulai dari proses pembuatan, pengisian dan pemanfaatan blog pembelajaran bagi guru.

“Tadinya saya memang ingin membuat blog, tapi nggak tahu caranya, dengan ikut pelatihan ini, aku mulai dapat membuat blog dan mengoperasikannya. Ini tentu sangat membantu dalam proses belajar mengajar,” ujar Neyni.

Penulis: wahyu
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help