• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Bangka Pos

Pemkab Belitung Ajukan Rekrutmen CPNS 2013

Selasa, 25 September 2012 19:57 WIB
Pemkab Belitung Ajukan Rekrutmen CPNS 2013
bangkapos.com/wahyu kurniawan
Rahmat Kurniawan
Laporan Wartawan Bangka Pos, Wahyu Kurniawan

BANGKAPOS.COM,  BELITUNG -
Pemkab Belitung telah mengajukan berkas persyaratan rekrutmen CPNS 2013 kepada Pemerintah Pusat sejak Juni 2012 lalu. Namun, pihak Pemkab Belitung belum bisa memastikan apakah rekrutmen CPNS bisa dilakukan atau tidak di 2013 mendatang.

Realisasi usulan tersebut masih menunggu persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Kabar mengenai persetujuan itu diperkirakan mulai diterima pemkab paling cepat pada pertengahan 2013 mendatang.

"Belum ada yang bisa memastikan apakah kita akan melakukan penerimaan CPNS atau tidak 2013 nanti, tapi berkas persyaratan sudah kami serahkan Juni (2012) lalu dan sekarang sedang dalam proses di pusat," kata Rahmat Kurniawan, Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Belitung kepada bangkapos.com, Selasa (25/9/2012).

Ia menjelaskan, saat ini usulan penerimaan CPNS sudah berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Usulan tidak disampaikan dalam bentuk jumlah penerimaan yang diinginkan oleh Pemkab. Dalam usulannya, pemkab hanya melampirkan data kebutuhan pegawai untuk
lima tahun ke depan dengan disertai dokumen analisis jabatan (anjab) dan analisis beban kerja (ABK).

Dari data yang dilampirkan tersebut, pada 2013 Pemkab Belitung akan mengalami kekurangan 142 tenaga teknis, 167 tenaga kesehatan, 102 tenaga guru kelas, dan kelebihan 52 tenaga guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, dan Agama.

Selebihnya, dari tahun 2014-2017 Pemkab Belitung hanya akan melakukan penerimaan CPNS untuk mengganti pegawai yang pensiun dan mutasi. Kekurangan pegawai di Pemkab Belitung masih mungkin terjadi dalam kurun waktu tersebut. Misalnya adanya pengembangan satuan kerja atau pemekaran wilayah kecamatan dan kelurahan.

Rahmat menjelaskan, Kemenpan dan RB akan memberikan kuota penerimaan CPNS untuk Belitung dengan melihat data tersebut. Menurut dia, kemungkinan Kemenpan dan RB akan menentukan langsung jabatan dan kualifikasi pendidikan CPNS yang akan direkrut 2013 nanti. Namun jika tidak, kualifikasi pendidikan untuk sebuah lowongan jabatan akan ditetapkan oleh bupati dengan bantuan BKD.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya kan Kemenpan hanya memberikan jumlah kuota saja, tapi ada kemungkinan setelah moratorium ini dibuat lebih detail, misalnya jatah Belitung itu untuk jabatan ini dan kualifikasi pendidikannya itu, jadi kita tinggal melaksanakan penerimaannya saja di sini," kata Rahmat.

Ia menambahkan, dalam dokumen anjab dan ABK telah disebutkan jabatan yang dibutuhkan dan kualifikasi pendidikan yang relevan. Misalnya saja, untuk jabatan perencana, di dokumen anjab dan ABK disebutkan kualifikasi yang relevan di antaranya sarjana planologi dan sebagainya.

"Kita juga membutuhkan jabatan caraka dengan kualifikasi pendidikanya SLTA, kita butuh enam orang," tambahnya.

Sepertinya yang dilansir sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengatakan, penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan dibuka kembali tahun depan. "Tahun depan kita mulai buka lagi," sebut Azwar di Kompleks DPR, Jakarta, Kamis (16/8/2012).

Moratorium penerimaan CPNS berlangsung hingga akhir tahun ini. Tapi, kata dia, pembukaan lowongan CPNS tahun depan mempunyai syarat. Syarat itu adalah perekrutan pegawai tidak boleh melebihi 50 persen belanja pegawai. Selain itu harus ada analisa jabatan dan beban kerja sebelum melakukan pembukaan lowongan.

"Ini adalah tonggak pertama kita menerima pegawai bukan berdasarkan permintaan tapi dihitung berdasarkan jumlah kebutuhan. Jadi bukan hanya golongannya saja, tambah jabatannya apa saja, di mana dia akan ditempatkan itu harus jelas," tandasnya.
Penulis: wahyu
Editor: suhendri
Sumber: bangkapos.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
140823 articles 12 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas