Bisakah Kita Menuntut Pengelola Parkir Jika Kehilangan Barang dalam Mobil yang Diparkir?

Yang menjadi tanggung jawab pengelola parkir adalah menjaga keutuhan mobil saudara, tidak termasuk barang-barang di dalamnya.

Bisakah Kita Menuntut Pengelola Parkir Jika Kehilangan Barang dalam Mobil yang Diparkir?
Tribun Jateng
Mobil antre di parkiran Bandara Soekarno-Hatta 

Pertanyaan: 

Selamat siang, nama saya Hendrik, dan saya berdomisili di Bangka, Kemang, Jakarta Selatan. Satu bulan yang lalu tepatnya di bulan November 2014, saya memarkir mobil saya di salah satu mall besar di bilangan Jakarta Pusat. 

Pada saat memarkir, dikarenakan terburu-buru saya meninggalkan satu tas isi laptop dan dokumen-dokumen kerja saya di dalam mobil saya. Pada saat saya hendak pulang saya mendapati kaca mobil saya pecah dan tas isi laptop beserta dokumen-dokumen itu sudah tidak ada lagi. 

Lalu saya mencari pihak manajemen parkiran untuk menanyakan kejadian tersebut dan meminta pertanggungjawaban dari mereka. 

Tetapi pihak manajemen parkiran tidak mau bertanggung jawab dikarenakan di belakang tiket ada klausul yang menyebutkan bahwa pihak manajemen parkiran tidak mau bertanggung jawab atas kehilangan barang di dalam mobil. 

Apakah hal itu benar secara hukum? Seperti apakah aturan hukum pertanggungjawaban barang yang hilang dalam kendaraan yang sedang diparkir? 

Karena saya merasa tidak adil dengan jawaban mereka, jika mereka tidak mau bertanggung jawab dengan keamanan parkiran untuk apa saya bayar parkiran setiap kali parkir di gedung mall tersebut. 

Jawaban: 

Terima kasih atas pertanyaannya, kami akan menjawab permasalahan saudara terkait aturan hukum pertanggungjawaban barang yang hilang dalam kendaraan yang sedang diparkir. 

Dari kronologi yang sudah dijelaskan di atas, maka hubungan hukum antara saudara dan pihak   manajemen parkiran adalah hubungan antara konsumen dan pelaku usaha, dimana hal-hal yang timbul dalam hubungan tersebut diatur di dalam Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. 

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help