Inilah Makna dan Tuah Bambu Unik Junjung Derajat – Songgo Buwono

Di kalangan pengaji ilmu pring (deling), bambu unik dengan spesifikasi seperti ini disebut deling “Junjung Derajat – Songgo Buwono”

Inilah Makna dan Tuah Bambu Unik Junjung Derajat – Songgo Buwono
Foto: Alex Palit
Bambu Unik Junjung Derajat - Songgo Buwono 

Oleh: Alex Palit

Di antara sekian banyak bambu unik koleksi saya, ada bambu bercabang 4 dengan cabang ranting 9.

Di kalangan pengaji ilmu pring (deling), bambu unik dengan spesifikasi seperti ini disebut deling “Junjung Derajat – Songgo Buwono”.

Ketika di posting di akun fb, bambu inipun ditanggapi oleh pengaji ilmu deling Ki Astagina, yang selama ini menjadi rujukan buat saya dan teman-teman di Komunitas Pecinta Bambu Unik Nusantara (KPBUN) dalam mengaji ilmu deling.

Menurut pengaji ilmu deling Ki Astagina, apa dan siapa yang tersirat di balik bambu unik yang terbentuk secara alami bukan hasil rekayasa kerajinan tangan ini ternyata memiliki ayat atau pesan filosofi cukup dalam.

Bahkan deling ini disebutnya sebagai pengingat bagi kita sebagai makhluk paling mulia bernama manusia yang merujuk pada asal muasal segala ciptaan dan pusat dari segala kehidupan.

Untuk menghidari salah tafsir, di sini saya sengaja mengutip apa adanya atas pembabaran yang disampaikan Ki Astagina. apa dan siapa serta kandungan ayat atau pesan filosofi yang tersirat di balik deling “Junjung Derajat – Songgo Buwono”.

Dikatakan, deling ini mengandung sebuah ayat yang sangat agung, di mana maksud dan tujuannya buat pengingat.

Menurutnya, filosofi yang bisa kita wedar sebagai pengingat tanggungjawab pribadi sebagai makhluk paling mulia disebut manusia yang merujuk pada asal muasal segala ciptaan dan pusat dari segala kehidupan yaitu AR-RUH, AL-IDHOFI, suntojaline gusti kang moho suci, kang murbeng dumadi, kang kuoso ngendikan kunfayakun dalam sebutan umum yaitu ALLOH SWT.

Seperti dalam kalimat tauhid yang didalamnya berisikan 3 yang satu karena saling keterkaitan (AL IDHOFI, AL QUDUS, AL HAYAT).

Halaman
123
Editor: Hendra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved