KPU Kota Pangkalpinang Temukan 3.653 Surat Suara Rusak

Akan kita lakukan sortiran tahap dua, karena kan ini disortir secara cepat, kita akan sortir ulang lagi, dan sortiran terakhir

KPU Kota Pangkalpinang Temukan 3.653 Surat Suara Rusak
Bangkapos/Muhammad Rizki
Proses penyortiran dan pelipatan surat suara di gudang logistik KPU kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Genap sudah selama empat hari KPU Kota Pangkalpinang melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu).

Penyortiran dan pelipatan surat suara yang dimulai dari hari Sabtu lalu (23/03/2019) kini telah selesai pada hari Rabu (27/03/2019).

Ketua KPU kota Pangkalpinang, Penti mengatakan jika pada saat proses penyortiran tiga jenis surat suara yaitu DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Ditemukan data sementara ada 3.653 surat suara yang rusak.

Dengan rincian DPR RI 744, DPRD Provinsi 2536, DPRD Kabupaten/kota dapil I 98, Dapil II 8, Dapil III 267, dan untuk dapil IV untuk saat ini masih di rekap, sehingga belum diketahui jumlah surat suara yang rusak di dapil IV.

"Untuk dapil IV kita belum ada update terbarunya, dikarenakan proses rekap masih berjalan." ujar Penti, Rabu (27/3) saat ditemui di gudang logistik KPU Pangkalpinang.

Penti menambahkan jika rata-rata kerusakan yang ada pada surat suara adalah tinta yang meluber, ditemukan titik-titik hitam pada nama calon legislatif (caleg), dan lambang partai yang tumpang tindih.

Penti memprediksi hal ini terjadi lantaran, tinta pada surat suara belum terlalu kering pada saat penumpukan surat suara.

Namun pihak KPU kota Pangkalpinang mengatakan akan kembali mengadak penyortiran tahap kedua, agar hasil yang di dapat lebih akurat.

Dikarenakan keterbatasan waktu, sehingga penyortiran pertama ini dilakukan secara cepat.

"Akan kita lakukan sortiran tahap dua, karena kan ini disortir secara cepat, kita akan sortir ulang lagi, dan sortiran terakhir itu nanti dilakukan pada saat akan dimasukkan ke kotak suara."

Setelah semua proses penyortiran selesai, Penti mengatakan akan segera menyampaikan hal tersebut ke KPU Provinsi Bangka Belitung, untuk diteruskan ke KPU Pusat, agar secepat mungkin bisa mendapatkan penggantian surat suara yang rusak. (Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved