Berita Pangkalpinang

Damri Buka Jalur Baru Pangkalpinang-Palembang-Lampung-Jakarta

Perusahaan Umum Damri menguji coba jalur baru mereka, Pangkalpinang-Palembang-Lampung-Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Damri Buka Jalur Baru Pangkalpinang-Palembang-Lampung-Jakarta
Bangkapos.com/Nurhayati
Bus Damri 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Perusahaan Umum Damri menguji coba jalur baru mereka, Pangkalpinang-Palembang-Lampung-Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Manajer Operasional Damri Pangkalpinang, Hendra, Rabu (9/10/2019) menyatakan, jalur baru ini disambut antusias masyarakat pengguna.

Sejumlah calon penumpang, khususnya mereka yang merupakan perantau di Pangkalpinang, bertanya mengenai jalur yang baru dirintis Damri tersebut.

"Jalur baru ini sudah kami siapkan dan sudah mulai berjalan hari ini. Kami uji coba pada hari pertama ini, dominan penumpang dari masyarakat Lampung," kata Hendra, Rabu (9/10/2019).

Hendra menuturkan, tarif Pangkalpinang-Palembang-Lampung-Jakarta terbagi menjadi beberapa tarif sesuai tujuan. Tujuan Palembang dikenakan tarif Rp 145 ribu, sampai Lampung (Rp 300 ribu) dan sampai Jakarta (kemayoran) dikenakan tarif promo Rp 415 ribu (tarif normal Rp 465 ribu).

Dari Pangkalpinang, Damri mengerahkan minibus kapasitas 11 tempat duduk full-ac.
"Secara armada, kondisi armada kami sangat baik. Ke depan, kami akan tingkatkan terus pelayanan kami di jalur ini," ucapnya.

Damri bekerja sama dengan ASDP untuk penyeberangan dari Muntok ke Tanjung Api-api (Sumsel). Di sana, armada Damri akan melanjutkan perjalanan menuju tujuan berikutnya, baik Palembang, Lampung, ataupun Jakarta.

"Kami membuka jalur ini, untuk menyediakan alternatif bagi masyarakat. Apalagi masyarakat keberatan dengan harga tiket pesawat yang relatif tinggi. Kami memfasilitasi ini," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Babel Erzaldi Rosman juga pernah mendorong agar Damri membuka jalur darat Pangkalpinang menuju Jakarta. Ini pernah ia sampaikan seusai menjadi inspektur upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019 di Halaman Kantor Gubernur, Selasa (17/9/2019) pagi.

Erzaldi menilai, Damri perlu membuka akses jalur daratnya yang baru untuk menambah alternatif sarana transportasi sekaligus konektivitas Babel ke depan. Nantinya, Damri diharapkan bisa melayani transportasi darat ke Jakarta via Pelabuhan Tanjungkalian, Muntok- Sumatera Selatan-Lampung-Jakarta.

"Kalau jalur darat ini bisa benar-benar memberikan pilihan kepada masyarakat, ini sangat luar biasa. Karena dari Palembang ke Lampung itu bisa ditempuh hanya 3,5 jam lewat tol yang sudah ada di sana," ujar Erzaldi saat itu.

Jalur darat yang dirintis Damri ini akan menjadi lebih ideal seandainya waktu penyeberangan dari Tanjungkalian Muntok menuju Tanjung Api-api (Sumsel) dapat dibuat lebih singkat lagi. "Ini akan lebih masuk akal lagi untuk pilihan masyarakat. Terlebih lagi kalau nanti ada jembatan Bangka-Sumatera, ini jauh lebih hebat lagi," kata Erzaldi. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved