Breaking News:

Keutamaan Bulan Safar, Perbanyak Amalan Sunnah Zikir, Shalat di Masjid hingga Shalat Dhuha

Untuk memperoleh keutamaan dan pahala dari Bulan Safar ada baiknya untuk menunaikan ibadah harian sebagaimana sunnah Nabi Muhammad SAW.

Editor: fitriadi
Kolase Tribunkaltim.co/Urdupoint.com
Amalan bulan Safar 

BANGKAPOS.COM - Bulan Safar bagi sebagian umat Islam diyakini sebagai bulan penuh bala dan sial.

Ada yang meyakini tidak boleh menggelar pernikahan, membuka usaha hingga mengadakan perjalanan jauh selama bulan Safar.

Keyakinan itu telah berlangsung sejak lama hingga sekarang.

Benarkah Bulan Safar bulan datangnya bala dan kesialan?

Rasulullah SAW pernah menyatakan seluruh bulan adalah baik dan mendatangkan kebaikan. Artinya tidak ada bulan yang penuh bala dan mendatangkan sial.

Dosa Zina Apakah Harus Dicambuk Atau Cukup Taubat? Hingga Hukum Mencintai Istri Orang

Doa Agar Meninggal Dalam Keadaan Husnul Khatimah yang Diajarkan Rasulullah

Tanda-tanda Kematian Menurut Pakar Medis: Bingung, Gelisah, Memar hingga Suara Berderak Merintih

Dikutip Bangkapos.com dari beberapa sumber bahwa dalam penanggalan Hijriyah atau kalender Islam, bulan Safar adalah bulan kedua setelah Muharram. Safar sendiri dalam bahasa Arab artinya kosong.

Mengapa disebut kosong? Sebab sudah menjadi kebiasaan orang-orang Arab jahiliyah zaman dulu, meninggalkan rumah mereka sehingga menjadi kosong. Dalam artian, hal ini menunjukkan bahwa Safar diyakini sebagai bulan yang harus diwaspadai karena banyak memiliki kesialan.

Namun, ada pula yang mengatakan jika Safar diambil dari nama penyakit seperti yang juga diyakini orang Arab jahiliyah di masa lampau, yakni penyakit safar yang ada di perut. Sehingga akan membuat seseorang menjadi sakit karena terdapat ulat besar yang sangat berbahaya.

Amalan Bulan Safar
Amalan Bulan Safar (Tribunkaltim.co)

Safar juga dinyatakan sebagai jenis angin berhawa panas yang terjadi pada perut serta banyak tafsiran lainnya dari kata Safar tersebut.

Lebih lanjut, pendapat yang menyatakan jika bulan Safar adalah bulan sial dan tidak baik untuk mengadakan sebuah acara penting merupakan khurafat atau tahayul dan mitos.

Khurafat adalah bentuk penyimpangan dalam akidah Islam. Beberapa keyakinan dalam hal ini meliputi beberapa larangan seperti melakukan pernikahan, khitan dan berbagai perbuatan lain yang apabila dilakukan akan menimbulkan musibah atau kesialan.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved