Breaking News:

Mengenal Skinny Fat, Kondisi Tubuh Ideal Tapi Tak Sehat, Begini Cara Mengatasinya

Tubuh yang langsing tidak serta merta menjadi acuan bahwa tubuh sehat. Skinny fat atau kondisi tubuh ideal namun tinggi lemak bisa jadi bahaya.

Penulis: Magang4
Editor: Ardhina Trisila Sakti
kompas.com
Ilustrasi skinny fat 

BANGKAPOS.COM - Skinny Fat adalah istilah untuk menggambarkan kondisi tubuh dimana persentase lemak tubuh lebih tinggi dari jumlah otot . Kondisi ini ditemukan pada tubuh yang kecil atau kurus dengan indikator kesehatan yang baik.

Beberapa dari mereka yang memiliki lemak tubuh lebih tinggi dan massa otot lebih rendah bahkan biasanya memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang berada dalam kisaran “normal” atau ideal namun memungkinkan resiko dengan kondisi berikut:

  • Resistensi insulin/diabetes
  • Kolesterol Tinggi
  • Tekanan darah tinggi

Lalu seperti apa kondisi tubuh skinny fat? dan mengapa bisa terjadi?

Dilansir dari beberapa sumber, tubuh setiap orang berbeda. Beberapa orang secara genetik lebih cenderung memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi dan lebih sedikit otot daripada yang lain.

Faktor lain seperti kebiasaan olahraga dan nutrisi, usia, dan kadar hormon juga dapat berkontribusi pada kondisi skinny fat.

Mengapa bisa terjadi?

1. Olahraga dan kebiasaan makan

Saat Anda berolahraga, tubuh Anda melepaskan hormon anabolik yang merangsang pembentukan otot. Olahraga juga meningkatkan sensitivitas Anda terhadap insulin, yang dapat menurunkan risiko terkena diabetes.

Berolahraga secara teratur dapat membantu Anda menghindari perubahan hormonal yang berdampak negatif pada komposisi tubuh Anda dan membuat Anda lebih rentan untuk menyimpan lemak.

Makan makanan tinggi gula juga dapat berdampak negatif pada komposisi tubuh Anda. 

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved