Breaking News:

Minum Kopi Sebelum Makan? Ini 3 Dampak Buruk yang Bisa Terjadi

Minumlah kopi di pagi hari tak lama setelah sarapan untuk menghindari masalah-masalah kesehatan yang membuat kita tidak nyaman.

Editor: suhendri
Freepik
Ilustrasi minum kopi 

BANGKAPOS.COM - Tak sedikit orang yang menjadikan kopi sebagai bagian dari ritual harian dan sering kali menjadi asupan pertama yang dikonsumsi di pagi hari untuk menambah energi.

Tetapi, menurut National Institutes of Health, minum kopi dengan perut kosong bukanlah ide yang baik karena bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Dilansir dari laman Live Strong, berikut beberapa masalah yang dapat ditimbulkan saat kita minum kopi sebelum makan di pagi hari.

1. Melonjaknya gula darah

Sebuah studi kecil pada Juni 2020 di British Journal of Nutrition menemukan bahwa minum kopi hitam dengan perut kosong di pagi hari secara signifikan mengganggu kontrol gula darah orang.

Padahal, kemampuan untuk mengatur kadar gula darah dapat mengurangi risiko kondisi metabolisme seperti diabetes dan penyakit jantung.

Terbukti, orang-orang yang sarapan sebelum minum kopi tidak mengalami lonjakan glukosa darah. 

Baca juga: 9 Makanan Penurun Asam Lambung, Salah Satunya Melon

2. Memicu asam lambung naik

Saat kita makan atau minum, katup yang disebut sfingter esofagus bagian bawah terbuka untuk memungkinkan makanan atau minuman mengalir dari kerongkongan ke perut.

Dan begitu makanan atau minuman masuk ke dalam perut kita, katup akan menutup lagi.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved