1 Calon Independen Serius Maju Pilkada Pangkalpinang, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Ada satu yang tampaknya serius dan sudah mengambil user ID sistem informasi pencalonan

1 Calon Independen Serius Maju Pilkada Pangkalpinang, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi
Bangka Pos / Hendra
Divisi Perencanaan dan Data Informasi, KPU Pangkalpinang, Yusmayadi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Calon peserta pilkada tidak hanya dari jalur partai politik, tapi ada juga dari calon independen.

Melaju di pilkada lewat jalur independen atau perseorangan, khusus untuk di Pilkada Pangkalpinang sangat berat. Beberapa persyaratan harus dipenuhi calon peserta tersebut.

Divisi Perencanaan dan Data Informasi, KPU Pangkalpinang, Yusmayadi kepada bangkapos.com, Sabtu (25/11/2017) menjelaskan peserta calon perseorangan harus mengumpulkan dukungan minimal 13.708 KTP.

"Syarat dukungan 10 persen dari DPT sebelumnya. Untuk di Pangkalpinang DPT pilgub kemarin 137.072. Jadi untuk syarat minimalnya calon perseorangan harus 13.708," kata Yusmayadi.

Kemudian dari 13.708 tersebut harus tersebar di 50 persen kecamatan yang ada di Pangkalpinang. Yakni 13.708 tersebut harus tersebar dukungannya di 4 kecamatan.

"Di Pangkalpinang ada 7 kecamatan. Syaratnya 50 persen dari kecamatan. Kalau 3 kecamatan kurang, jadi kita bulatkan 4 kecamatan," ujar Yusmayadi.

Diakuinya ada beberapa calon yang mencoba jalur perseorangan. Namun banyak juga yang mundur setelah mengetahui Beratnya persyaratan yang harus dipenuhi.

"Sudah banyak yang konsultasi. Tapi banyak yang mundur. Ada satu yang tampaknya serius dan sudah mengambil user ID sistem informasi pencalonan," kata Yusmayadi.

Mulai hari ini Sabtu (25/11/2017) pendaftaran calon perseorangan dibuka. Sedangan penutupannya sampai Rabu (29/11/2017).

Penulis: Hendra
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved