Breaking News:

Pilkada Bangka Selatan

KPU Bangka Selatan Prediksi Tidak Ada Gugatan Paslon ke MK dalam Pilkada 2020

Untuk registrasi ini setiap pasangan calon memiliki kesempatan untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai perselisihan hasil

Penulis: Jhoni Kurniawan | Editor: khamelia
Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Ketua KPU Kabupaten Bangka Selatan, Amri 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pasca pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan di tingkat kabupaten pada Rabu, (16/12/2020) lalu, kini KPU Kabupaten Bangka Selatan masih menunggu mengenai registrasi di Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.

Ketua KPU Kabupaten Bangka Selatan, Amri menyatakan setelah penetapan hasil rekapitulasi yang digelar di tingkat kabupaten, maka setiap pasangan calon dapat melakukan registrasi di MK untuk mengajukan gugatan mengenai perselisihan hasil pemilihan.

"Untuk registrasi ini setiap pasangan calon memiliki kesempatan untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai perselisihan hasil pemilihan dengan wajib syarat yakni selisih suara maksimal 2 persen," ujar Amri pada Jumat, (18/12/2020).

Namun demikian Amri memperkirakan tidak adanya laporan ataupun gugatan ke MK lantaran perbedaan angka perolehan suara cukup jauh dan lebih dari 2 persen.

"Kami di KPU Kabupaten Bangka Selatan akan tetap menunggu jika ada register di Mahkamah Konstitusi (MK). Jika tidak ada maka kita akan lanjutkan ke tahapan selanjutnya," katanya.

Lebih lanjut Amri menyebutkan jika memang tidak ada registrasi di MK maka KPU Kabupaten Bangka Selatan akan menetapkan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan Terpilih.

Berdasarkan hasil penghitungan KPU Kabupaten Bangka Selatan, Pasangan Riza Herdavid dan Debby Vita Dewi berhasil mengumpulkan 40.344, sementara Pasangan Rina Tarol dan Doni Indra berhasil mengumpulkan perolehan 27.634 suara, Pasangan Aditya Rizki Pradana dan Ahmad Damiri berhasil meraih 19.776 suara dan Pasangan Kodi Midahri dan Rusliadi memperoleh dukungan sebanyak 9.422 suara.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved