Soal Surat Suara Rusak, Ini Penjelasan KPU Bangka Barat

Kita hanya melaporkan ke KPU RI. Berapa jumlah surat suara rusak dan tidak bisa terpakai. Apakah ada proses

Soal Surat Suara Rusak, Ini Penjelasan KPU Bangka Barat
Bangka Pos / Hendra
Ketua KPU Bangka Barat Pardi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – KPU Kabupaten Bangka Barat hingga saat ini masih menunggu kedatangan surat suara dari Jakarta ke Pangkalpinang.

Pihak percetakan menginformasikan bahwa surat surat saat ini sudah dalam berjalanan dari Tanjung Priok ke Pulau Bangka, Pangkalpinang. Dan diperkirakan akan tiba sekitar 3 hari atau pada hari Kamis (21/3/2019).

Ketua KPU Babar, Pardi kepada bangkapos.com, Selasa (19/3/2019) mengatakan mereka saat ini masih menunggu kedatangan surat suara.

Bagaimana mekanisme distribusi atau pengiriman surat surat saat tiba di Pelabuhan Pangkalbalam, ke Kabupaten Bangka Barat masih menunggu petunjuk teknis dari KPU Babel.

“Kalau tiba hari Kamis nanti, bisa saja kita masih menunggu sehari atau 2 hari. Tergantung nanti bagaimana proses di pelabuhannya,” kata Pardi.

Bila surat suara tiba di KPU Babar, akan langsung dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Untuk proses ini KPU Babar menargetkan selesai selama seminggu atau 7 hari kalender.

“Setelah selesai penyortiran dan pelipatan selama 7 hari oleh 100 pekerja, dilanjutkan dengan proses packing. Disini kita hanya mempekerjakan pegawai dari sekretariat KPU Babar sekitar 20 orang, dan kita juga menargetkan selesai selama 7 hari,” ujar Pardi.

Namun untuk proses pergantian surat suara rusak hingga saat ini belum diketahui petunjuk teknisnya.

Hanya saja KPU Kabupaten tetap berkoordinasi aktif melaporkan ke KPU RI jumlah surat suara yang rusak dari hasil penyortiran.

“Kita hanya melaporkan ke KPU RI. Berapa jumlah surat suara rusak dan tidak bisa terpakai. Apakah ada proses pergantian atau tidak kita belum mendapat petunjuk teknis,” kata Pardi.( Bangka Pos / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved