Berita Pangkalpinang

Dishub Pangkalpinang Belum Pasang CCTV Traffic Light, Masih Prioritaskan Masalah Lampu Jalan

CCTV sudah diadakan oleh Balai Transportasi Darat Provinsi Babel di jalan nasional yang merupakan administrasi wilayah Pangkalpinang.

Dishub Pangkalpinang Belum Pasang CCTV Traffic Light, Masih Prioritaskan Masalah Lampu Jalan
Bangkapos/Ira Kurniati
Plt. Kepala dinas perhubungan Pangkalpinang, Ubaidi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Plt. Kepala Dinas Perhubungan Pangkalpinang, Ubaidi, mengatakan untuk sementara pihaknya belum dapat melakukan pemasangan dan pengoperasian CCTV di lampu lalu lintas jalan kota. Namun CCTV sudah diadakan oleh Balai Transportasi Darat Provinsi Babel di jalan nasional yang merupakan administrasi wilayah Pangkalpinang.

"Sebenarnya sudah ada yang diadakan di Jalan Nasional. Kalau kita belum karena butuh perencanaan terlebih dahulu," kata Ubaidi, Rabu (25/9/2019).

Dia mengatakan, pemerintah kota dalam dua tahun ini belum dapat melakukan pemasangan karena ada hal yang lebih krusial, yakni penerangan jalan umum, masalah parkir dan rambu lalu lintas yang lebih prioritas. Pasalnya untuk satu paket CCTV harganya sekitar Rp 1 milyar, sedangkan permasalahan lampu jalan dan parkir masih menjadi fokus pemerintah. Ubaidi menuturkan, tahun 2020 baru akan merencanakan usulan pemasangan CCTV tersebut sebab harus memprioritaskan kebutuhan primer masyarakat. Sedangkan CCTV sifatnya hanya pemantauan dan mendapatkan data pelanggar lalu lintas.

"Mungkin akan kita masukkan dalam usulan. Tapi hanya untuk jalan kota saja, karena jalan nasional dan provinsi meskipun wilayah administrasinya Pangkalpinang tapi harus koordinasi dengan mereka," jelas Ubaidi.

Dia menambah, bisa saja dilakukan pemasangan di jalan-jalan nasional tapi harus koordinasi dan atas persetujuan Kementerian Perhubungan. Sementara itu, untuk pemasangan CCTV oleh pemerintah kota di jalan-jalan kota seperti lampu lalu lintas Simpang dokter ase.

Lebih lanjut, perencanaan pemasangan CCTV ini juga harus mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu mengoperasikan komputer dan sistem kontrol ini.

(bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved