Breaking News:

Bangka Selatan Election

Tekan Angka Stunting, Perhatikan Asupan Gizi Ibu Hamil, Begini Program H Korari Suwondo

Asupan gizi ibu hamil keluarga miskin menjadi perhatian. Masalah ini bertujuan untuk..

Istimewa
H Korari Suwondo 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Asupan gizi ibu hamil keluarga miskin menjadi perhatian. Masalah ini bertujuan untuk mencegah resiko stunting pada anak, sehingga harus dilakukan tindakan sejak dalam kandungan.

Calon Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah, H Korari Suwondo bakal memperhatikan hal ini. Menurutnya tingkat asupan gizi bagi ibu hamil keluarga miskin jadi perhatian dan harus dilakukan untuk mengatasi gagal pertumbuhan pada anak atau stunting.

Korari mengatakan, untuk mencegah risiko stunting pada anak harus dilakukan tindakan sejak dalam kandungan. Setiap keluarga miskin yang tengah mengandung akan diberikan bantuan dalam pemenuhan gizi.

"Perlu langkah konkret dalam menekan angka stunting di Bangka Tengah. Program ini pun akan menjadi prioritas kami lima tahun ke depan," ujar Korari, Kamis (26/11/2020).

Menurut dia, bagi keluarga miskin yang membutuhkan bantuan pemenuhan gizi dapat melapor melalui Ketua RT setempat agar dilakukan pendataan.

Setelah itu, survei ke rumah masing-masing pemohon akan dilakukan untuk kemudian ditentukan apakah memenuhi kriteria penerima bantuan atau tidak.

Jika dinyatakan memerlukan bantuan, nantinya pemerintah akan memberikan bantuan berupa suplemen-suplemen tambahan untuk memenuhi gizi.

Selain itu, Korari juga berkomitmen untuk membantu proses persalinan keluarga miskin yang tak mampu membayar rumah sakit.

"Jadi kita semua tidak mau ada lagi ibu-ibu melahirkan yang tidak bisa membayar biaya persalinan. Bantuan ini nantinya akan diperuntukkan bagi persalinan normal maupun melalui operasi caesar," kata dia.

Warga Kecamatan Koba, Nurul Fatimah (32 tahun) mengaku program tersebut sangat menyentuh masyarakat miskin. Sebab, selama ini ibu hamil sering terkendala biaya persalinan ketika harus melalui operasi caesar.

Sebagian besar masyarakat yang berprofesi sebagai buruh harian pun tak mampu mendapatkan jaminan sosial berupa BPJS Kesehatan. Sehingga sering kali tak mampu membayar biaya rumah sakit.

"Beliau ini sangat meperhatikan kondisi masyarakat miskin di Bangka Tengah. Kami berharap langkahnya maju di Pilkada 2020 bisa semakin mudah mendapatkan dukungan dan program ini dapat terlaksana," kata dia.

Sebagai informasi, H Korari Suwondo telah resmi ditetapkan oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sebagai Calon Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah mendampingi Bakal Calon Bupati Didit Sri Gusjaya.

 Mereka pun mendapatkan dukungan dari empat partai koalisi yakni Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gelora Indonesia dan Partai Bulan Bintang (PBB).(*)

Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved