Breaking News:

Alumni Polman Babel Rintis Kebun Buah-buahan Unggul di Belinyu, Total Ada Ribuan Batang Pohon Buah

Sebuah kebun Agrowisata dikembangkan alumni Polman Babel yang sukses di perantauan. Kebun itu berada di Dusun Bukit Tulang, Desa Riding Panjang.

Bangkapos.com/Edwardi
Kecamatan Belinyu tepatnya di daerah Pudak Dusun Bukit Tulang Desa Riding Panjang beberapa tahun ke depan akan memiliki kebun Agrowisata buah-buahan unggul dan berkualitas dunia. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Siapa sangka ternyata di Kecamatan Belinyu tepatnya di daerah Pudak Dusun Bukit Tulang Desa Riding Panjang beberapa tahun ke depan akan memiliki kebun Agrowisata buah-buahan unggul dan berkualitas dunia.

Seorang putra asli Kecamatan Belinyu, Taufik Rere alias Opik, warga Jalan Kartini Kecamatan Belinyu yang juga alumni Polman Babel di perantauan telah menjadi seorang pengusaha sukses di bidang kontraktor perminyakan.

Untuk mengabdikan dirinya kepada kampung halamannya, Taufik melakukan investasi membuka usaha perkebunan buah-buahan kualitas unggul di dunia, seperti durian, duku, alpukat, jeruk dan lainnya di Dusun Bukit Tulang Desa Riding Panjang Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka sekitar 1 tahun yang lalu.

Memang saat ini kebun buah-buahan unggul ini belum menghasilkan buah karena rata-rata baru berusia 1 tahun, mudah-mudahan beberapa tahun ke depan lokasi ini akan berkembang menjadi tempat wisata kebun buah-buahan atau agrowisata buah-buahan di Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka.

Eza, pengurus kebun buah-buahan mengatakan jumlah pohon durian yang ditanam di perkebunan ini sebanyak 1.800 batang pohon durian unggul, baik unggulan lokal, unggulan nasional dan unggulan internasional.

"Semua bibit durian yang ditanam di sini jenis unggulan, seperti super tembaga, cumasi atau nampung, duri hitam atau Oce, musangking, ikan mas, kantor, tembaga emas, bawor, namun yang paling banyak dan fokus dikembangkan disini durian jenis duri hitam, musang king, super tembaga dan nampung," kata Eza didampingi petugas PPL Desa Riding Panjang Kecamatan Belinyu, Ahmad Yani, Sabtu (20/02/2021) di sela-sela kegiatan Gowes Bangka Setara Pemkab Bangka.

Ditambahkannya ke depan beberapa jenis durian unggulan lagi akan ditambahkan atau ditanam lagi di perkebunan ini, tetapi masih perlu dikaji lebih dahulu.

"Kita berharap dengan.mengembangkan kebun durian unggul ini ke depan bisa mengangkat nama Kecamatan Belinyu dan Kabupaten Bangka daerah kita di tingkat nasional," harap Eza.

Diungkapkannya selain durian juga menanam 300 batang duku lumut, 500 batang jeruk, alpukat, Bangka dak, kelapa unggul pandan wangi dan lainnya totalnya sekitar 3.000 an batang pohon buah-buahan.

"Saat ini luas kebun sekitar 20 lebih hektare yang sudah tergarap dari 30 and hektar lahan yang dipersiapkan jadi masih ada lahan lagi yang belum ditanami pohon buah-buahan unggulan," jelas Eza.

Diungkapkannya perkebunan.ini mengambil konsep perkebunan berkelanjutan, jadi nanti akan ada peternakan sapi da.n budidaya ikan air tawar.

"Untuk pupuknya kita gunakan pupuk kandang kotoran sapi sebagai pupuk organik, saat ini sapi-sapinya sudah ada tapi masih dititipkan di tempat lain karena kandang sapi disini belum selesai dibangun," tukas Eza.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: M Ismunadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved