Breaking News:

Waspadai 3 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Umum Terjadi

Secara umum, wanita pra-menopause memiliki kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi daripada pria karena adanya hormon seks wanita estrogen

Editor: suhendri
p2ptm.kemkes.go.id
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), lebih dari 12 persen orang dewasa di atas usia 20 tahun memiliki kolesterol tinggi atau kadar kolesterol lebih dari 240 mg/dL dan 95 juta orang dewasa memiliki kadar kolesterol total lebih tinggi dari 200 mg/dL, yang dianggap batas tinggi.

Karena itu, kita perlu banyak memikirkan tentang kolesterol, bahkan di saat masih muda dan sehat.

Melansir LiveStrong, kolesterol sendiri bukanlah hal buruk.

Menurut ahli jantung di New York City dan juru bicara American Heart Association (AHA), Suzanne Steinbaum, DO, tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel.

Ada dua jenis kolesterol yang perlu Anda ketahui.

Pertama, Low-Density Lipoprotein ( LDL) atau kolesterol jahat, di mana kolesterol bercampur dengan lemak untuk menumpuk di arteri.

Seiring berjalannya waktu, LDL dapat menyebabkan penyumbatan dan penyempitan yang dapat memicu serangan jantung atau stroke.

Jenis kolesterol lainnya adalah High-Density Lipoprotein ( HDL) atau kolesterol baik, yang sebenarnya bertindak sebagai semacam tim "pembersihan".

HDL akan mengambil kolesterol LDL dan membawanya keluar dari arteri.

Ada pula faktor ketiga yang penting untuk diperiksa, yakni trigliserida.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved