Breaking News:

Asam Lambung

Anda Menderita Asam Lambung? Hindari 7 Minuman Ini

Penyakit asam lambung atau refluks asam lambung adalah kondisi ketika asam lambung naik dari lambung ke esofagus atau kerongkongan.

Freepik
Minuman kopi. 

BANGKAPOS.COM - Penyakit asam lambung atau refluks asam lambung adalah kondisi ketika asam lambung naik dari lambung ke esofagus atau kerongkongan.

Merangkum WebMD, refluks asam lambung secara umum bisa terjadi ketika otot di bagian bawah kerongkongan (sfingter esofagus bagian bawah) yang bertindak sebagai pintu gerbang ke lambung menjadi lemah atau kendur.

Pada kondisi normal, sfingter esofagus bagian bawah dapat kembali tertutup setelah dilewati makanan.

Tetapi, begitu ada masalah, kinerja katup ini bisa terganggu sehingga tidak tertutup sempurna atau terkadang terbuka.

Ketika otot sfingter esofagus bagian bawah ini lemah atau tidak mengencang dengan benar, asam yang diproduksi di lambung dapat naik ke kerongkongan.

Jika refluks asam lambung sering terjadi, setidaknya lebih dari dua kali seminggu atau sudah menyebabkan peradangan di esofagus, keadaan ini dapat disebut sebagai gastriesophageal reflux disease (GERD).

Ketika Anda menderita penyakit asam lambung atau GERD, Anda salah satunya penting untuk tidak sembarangan dalam memilih minuman.

Jangan sampai Anda salah memilih minuman karena bisa menyebabkan kekambuhan gejala asam lambung.

Minuman yang harus dihindari penderita asam lambung penting dikenali untuk menghindari kekambuhan atau memperparah penyakit.

Gejala asam lambung memang sangat dipengaruhi oleh apa saja yang Anda konsumsi.

Halaman
1234
Editor: suhendri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved