Breaking News:

Ini Tanaman Obat yang Bisa Bantu Menjaga Imun di Masa Pandemi Covid-19

Kandungan jahe merah, khususnya gingerol dan shogaol, merupakan senyawa yang bertanggung jawab atas efek immunomodulator

Editor: suhendri
bangkapos.com/Sela Agustika
Jahe Merah 

BANGKAPOS.COM - Mengolah tanaman obat sudah bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia.

Selain dijadikan bumbu dalam masakan, manfaat tanaman obat juga bisa dirasakan lewat berbagai cara, seperti dikonsumsi menjadi minuman atau digunakan dalam bentuk minyak asiri.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (13/6/2020), tanaman obat adalah jenis tanaman yang sebagian atau seluruh isi tanamannya, seperti daun, batang, buah, umbi (rimpang), hingga akar digunakan sebagai obat, bahan, atau ramuan obat-obatan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan obat herbal atau medicinal plants sebagai tanaman yang digunakan dengan tujuan pengobatan dan merupakan bahan asli dalam pembuatan obat herbal.

Baca juga: 3 Golongan Darah Ini Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Di masa pandemi Covid-19 ini, manfaat tanaman obat juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Berikut beberapa jenis tanaman obat dan manfaatnya:

1. Jahe

Jahe (Zingiberaceae) banyak digunakan untuk produk obat tradisional dan diklaim dapat membantu penyembuhan berbagai macam penyakit.

Menurut buku Jahe yang ditulis oleh Hesti Dwi Setyaningrum dan Cahyo Saparinto (2013), jahe yang diolah menjadi jamu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit degeneratif, penurunan daya tahan tubuh, hingga penurunan vitalitas.

Rimpang jahe memiliki kandungan vitamin A, B, C, lemak, protein, pati, dammar, asam organik, oleoresin (gingerin), hingga minyak terbang (zingeron, zingerol, zingeberol, zingiberin, borneol, sineol, dan feladren).

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved