Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Anggaran PON Terancam Dipangkas Jadi Rp7 Miliar, KONI Babel Bingung, Bakuda Sebut Lagi Defisit

Uang yang sedianya dialokasikan Rp12,5 miliar untuk 80 atlet Bangka Belitung, akan berkurang menjadi Rp7 miliar.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: khamelia
Kompas.com/ Totok Wijayanto
Ilustrasi uang: Anggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua terancam dipangkas. Uang yang sedianya dialokasikan Rp12,5 miliar untuk 80 atlet Bangka Belitung, akan berkurang menjadi Rp7 miliar. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Anggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua terancam dipangkas.

Uang yang sedianya dialokasikan Rp12,5 miliar untuk 80 atlet Bangka Belitung, akan berkurang menjadi Rp7 miliar.

Mendengar kabar anggaran akan dipangkas, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bangka Belitung, Elfandi MA mengaku bingung.

"Kami masih berpatokan Rp12,5 Miliar karena rancangan kerja dan anggaran (RKA) dibuat sudah seperti itu, kemudian persetujuan dewan seperti itu, kami pun bingung, kalau itu disampaikan di awal, mungkin enak," ujar Elfandi saat dikonfirmasi bangkapos.com, Kamis (22/7/2021).

Pasalnya, hingga saat ini saja untuk persiapan pesta olahraga itu sudah menghabiskan dana kisaran Rp5 Miliar lebih dengan status ngutang.

Utang tersebut dikarenakan dana belum cair, tetapi kegiatan TC terpusat sudah berjalan, misalnya utang gaji atlet yang belum dibayar ada lima bulan, setiap bulan harusnya menghabiskan dana Rp400 Juta untuk honor atlet.

Itupun, belum lagi, dana keluar untuk biaya penginapan, makan, vitamin dan peralatan latihan.

"Tentu saja kalau hanya begitu dananya, mungkin hanya cukup untuk TC (training center) di awal, jadi untuk berangkat, tidak cukup, bisa saja jadi potong jumlah atlet, itu lah jadi kita bingung," kata Elfandi.

Kemungkinan terburuk, apabila dana hanya Rp7 miliar, kebijakan yang diambil adalah pemotongan gaji atlet atau pemotongan jumlah atlet.

"Kami bingung bikin RKA kalau dana seperti itu, kami harus menentukan kebijakan dulu, itu berat, bisa saja pemotongan setengah atlet atau 60 persen atau pemotongan gaji atlet," katanya.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved