Breaking News:

Berita Kriminal

Polisi Sita 124 Kardus Berisi Rokok Ilegal Senilai Rp1 Miliar

Jajaran Unit II Tipidter dan Tim Naga Satreskrim Polres Pangkalpinang berhasil mengungkap ratusan kardus berisi rokok yang diduga Ilegal di Kota Pangk

Penulis: Yuranda | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Wakapolres Pangkalpinang Kompol Teguh Setiawan, menunjukkan rokok ilegal setelah konferensi pers di Halaman Mapolres Pangkalpinang, Selasa (10/8/2021).(Bangkapos.com/Yuranda) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Jajaran Unit II Tipidter dan Tim Naga Satreskrim Polres Pangkalpinang berhasil mengungkap ratusan kardus berisi rokok yang diduga Ilegal di Kota Pangkalpinang, Senin (9/8/2021.

Hasil pengungkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan tiga orang yang diduga pelaku di antaranya, AY (21), HD (35), dan SB (51) ketiganya merupakan Warga Pangkalpinang dan ratusan kardus yang berisi rokok ilegal berbagai merek, ditaksir senilai Rp 1 Miliar.

Ungkap kasus bermula, saat Tim Naga Polres Pangkalpinang mendapatkan informasi, tentang adanya dugaan penjualan minuman beralkohol (Minol) dari luar negeri, berbagai merk yang dijual di Jalan Bandes Kelurahan Asem Pangkalpinang, Senin (9/8/2021)

Hal tersebut disampaikan oleh Wakapolres Pangkalpinang Kompol Teguh Setiawan, didampingi Kasi Humas Polres Pangkalpinang AKP Agus Widodo dan KBO Reskrim Polres Pangkalpinang Imam Setiawan, saat konferensi pers di Halaman Mapolres Pangkalpinang, Selasa (10/8/2021)

Lanjut Teguh, sesampai di tempat yang dicurigai, sebagai tempat penyimpanan minuman berakohol. Polisi langsung mengamankan AY (21), pada saat itu sedang berada di rumah yang diduga tempat penyimpanan atau gudang minol tersebut.

Setelah AY diamankan oleh Tim Naga Polres Pangkalpinang kata Teguh, AY sempat mengelak dan mengakui bahwa dirinya sebagai sopir untuk menjual rokok.

Kemudian setelah itu, polisi langsung mengecek isi dalam rumah atau gudang tersebut, melihat ada banyak tumpukan kardus yang mana diduga berisi rokok tanpa cukai dari pemerintah.

"Dugaan tindak pidana penimbunan dan perniagaan rokok dengan tidak dilekati pita cukai dan dengan menggunakan pita cukai yang tidak sesuai dengan jenis atau golongan. Jumlah keseluruhan 124 kardus, dengan perkiraan nilai Rp1 Miliar," kata Kompol Teguh Setiawan, Senin (10/8/2021)

Selanjutnya, Tim Naga Polres Pangkalpinang langsung berkoordinasi dengan ketua RT setempat karena rumah yang digunakan tempat penyimpanan dalam keadaan terkunci.

Kemudian rokok tersebut diamankan lantaran diduga tidak mempunyai izin resmi, saat polisi sedang mengamankan rokok tersebut, guna di bawa ke Polres Pangkalpinang.

Setelah polisi mengamankan barang bukti tersebut, muncul dua orang laki-laki dari dalam mobil, yang mana di dalam mobil itu juga terdapat kardus yang berisi rokok ilegal.

Keduanya pun langsung diamankan Tim Naga Polres Pangkalpinang. Kepada polisi HD dan SB mengakui rokok-rokok tersebut milik IR yang saat ini masih dalam pengejaran pihak kepolisian.

"Rencana tindak lanjut, terhadap perkara tersebut akan kami limpahkan ke Kantor Wilayah Bea Cukai Pangkalpinang untuk proses lebih lanjut dan penyidikannya," katanya.

Adapun barang buktinya, diamanakan sebanyak 124 dus yang berisikan rokok berbagai macam merk terdiri dari Rokok Merk X-pro, Tabaco, Maxxis, Tabaco Xtra dan Orange dengan jumlah 1.984.000 batang rokok.

Untuk tindakan lanjutan kedepannya, tambah Teguh, akan berkoordinasi dengan Pihak Bea Cukai dan pihaknya juga tetap mencari informasi tentang peredaran yang ilegal di wilayah hukumnya. "Peredaran barang Ilegal ini a. masih dalam penyelidikan," ujar Teguh. (Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved