Breaking News:

Berita Pangkalpinang

2,3 Kilogram Barang Bukti Narkotika Dimusnahkan Kejari Pangkalpinang

Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang memusnahkan puluhan barang bukti (Barbuk) hasil sitaan dari 208 perkara tindak pidana

Penulis: Magang1 | Editor: khamelia
(Bangkapos/Cepi Marlianto)
Kejari Pangkalpinang, Jefferdian bersama Wakapolres dan Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang saat memusnahkan barang bukti lain dengan cara dibakar dalam sebuah drum 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang memusnahkan puluhan barang bukti (Barbuk) hasil sitaan dari 208 perkara tindak pidana mulai Juli 2020 hingga Agustus 2021.

Pemusnahan tersebut dilakukan di halaman Kantor Kejari Pangkalpinang, Jumat (3/9/2021).

Pemusnahan ratusan barang bukti tindak pidana yang telah berkekuatan hukum tetap dengan amar putusan ini dilakukan dengan berbagai cara.

Baca juga: Lewat Istrinya, Narapidana Ini Leluasa Kendalikan Transaksi dari Dalam Lapas Narkotika Pangkalpinang

Baca juga: McDonalds Tak Kunjung Buka, 30 Tenaga Kerja Pangkalpinang Training Sementara di Palembang

Untuk barang bukti jenis narkoba, dimusnahkan dengan cara diblender menggunakan satu unit mesin yang sebelumnya telah diberikan air dan pestisida dan kemudian dibuang ke selokan.

Lalu, barang bukti lainnya seperti handphone dimusnahkan dengan cara dibakar di satu buah drum yang sebelumnya sudah disiram dengan minyak tanah.

Baca juga: Lowongan Kerja Rans Entertainment September 2021, Gaji Karyawan Raffi Ahmad Nagita Slavina Terungkap

Kepala Kejari Pangkalpinang, Jefferdian mengatakan, 208 perkara itu terdiri dari tindak pidana pencurian tiga perkara, penggelapan dua perkara, penipuan satu perkara dan ITE satu perkara.

Puluhan barang bukti narkotika yang dimusnahkan sebanyak 1,7 kilogram jenis sabu, 0,5 kilogram ganja serta ekstasi dengan berat 2 gram. Jadi total seberat 2,3 kilogram narkoba.

"Perkaranya sudah memiliki kekuatan hukum tetap maka ini adalah perjalanan akhir dari sebuah perkara. Sedangkan terdakwa kita eksekusi ke lembaga pemasyarakatan," kata dia kepada Bangkapos.com.

Jefferdian menuturkan, pemusnahan ini merupakan wujud nyata penegakan hukum di Kejari Pangkalpinang, sekaligus bukti nyata perang melawan narkoba.

Melalui pemusnahan tersebut, dia turut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menggelorakan semangat mencegah peredaran narkotika di Kota Pangkalpinang.

"Narkotika hanya akan merusak otak dan hati generasi muda apabila dibiarkan nantinya kita akan memiliki generasi muda yang tumpul jika menjadi pemimpin apabila terkontaminasi Narkoba. Selain itu orang tua hari perhatikan anak-anak kita agar tak terjerat narkotika," tukas Jefferdian. 

Dalam kegiatan pemusnahan barbuk narkoba ini juga dihadiri oleh Kepala BNN Kota Pangkalpinang, AKBP Noer, Wakapolres Pangkalpinang, Kompol Teguh, Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang dr Masagus Hakim serta perwakilan dari Pengadilan Negeri Pangkalpinang. (Bangkapos/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved