Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sepenting Apa Donor Trombosit untuk penderita DBD? Begini Penjelasan Dokter

Demam berdarah dengue (DBD) adalah demam yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Pos Belitung / Dede Suhendar
Ilustrasi suasana ruang melati, RSUD dr Marsidi Judono, Tanjungpandan yang didominasi pasien DBD sejak sepekan lalu, Senin (25/1/2016). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Demam berdarah dengue (DBD) adalah demam yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Ada empat serotipe virus dengue (DENV) yaitu DENV-1, -2, -3, dan -4, dan infeksi dari virus tersebut menyebabkan berbagai gejala seperti demam, pusing, nyeri pada
bola mata, otot, sendi, dan ruam.

Orang yang terinfeksi virus dengue sering kali juga mengalami kelelahan jangka panjang.

Dokter Umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Pangkalpinang, dr Eva Lestari mengatakan virus dengue dapat berkembang menjadi hal yang dapat mengancam jiwa (severe dengue),

mengakibatkan nyeri perut dan muntah, sulit bernapas, dan penurunan trombosit darah yang bisa mengakibatkan pendarahan internal.

"Umumnya pasien DBD mengalami penurunan jumlah trombosit. Kondisi trombosit yang rendah disebut trombositpenia," ungkap dr Eva, Selasa (30/11/2021).

Ada beberapa teori yang menjelaskan mengapa DENV dapat menyebabkan turunnya trombosit.

Satu dari teori itu menyebutkan bahwa DENV dapat merusak sel-sel (sel progenitor hematopoetik dan sel stromal) penting di sumsum tulang belakang yang tugasnya membentuk trombosit.

"Rusaknya sel-sel yang memproduksi trombosit ini menyebabkan turunnya jumlah trombosit dalam tubuh. Jika seseorang terluka dan berdarah, trombosit akan datang dan membuat sebuah plug atau sumbatan yang akan membantu menutup luka itu sehingga pendarahan dapat berhenti," katanya.

Pada orang dengan DBD, kadar trombosit sangat rendah dan pendarahan sangat mudah terjadi. Ini sebabnya orang dengan demam berdarah biasanya akan diminta untuk istirahattotal.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved