Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Merantau Selama 7 Tahun, Ipda Rizka Siti Amalia Tahan Rindu

Tetapi pencapaian Srikandi tak serta merta muncul begitu saja. Tempaan dan gemblengan hingga kontemplasi terhadap diri dan lingkungan adalah modal

Penulis: Magang1 | Editor: khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Belajar dari kisah Epos Mahabharata menceritakan kisah perempuan perkasa yang menginspirasi. Srikandi misalnya, dengan kemampuan memanahnya bisa mengalahkan Bisma.

Tetapi pencapaian Srikandi tak serta merta muncul begitu saja. Tempaan dan gemblengan hingga kontemplasi terhadap diri dan lingkungan adalah modal utama.

Serupa dengan Polisi wanita (Polwan) bernama Rizka Siti Amala, perempuan berpangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA).

Memutuskan mengabdi sebagai anggota kepolisian harus ada konsekuensi yang harus Rizka terima. Satu di antaranya harus bersedia ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia. Pengalaman inilah yang dialami Rizka.

Perempuan kelahiran 3 Februari 1996 ini harus rela bertugas jauh dari keluarga besarnya yang berada di Bandung, Jawa Barat.

Ia tak menyangka jika harus sampai menyeberang pulau demi menjalankan tugas. Selepas tahun lulus sekolah menengah atas pada tahun 2014 dirinya mendaftarkan diri bertekad untuk masuk Akademi Kepolisian (Akpol) Republik Indonesia.

Akhirnya perjuangannya pun tak sia-sia, akhirnya dirinya lolos menjadi taruni Akpol dan harus menjalani pendidikan di Surabaya, Jawa Timur.

Perasaan bimbang tentu sempat melanda dirinya. Ia memikirkan bagaimana harus tinggal berjauhan dengan orangtua. Apalagi dia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara yang tentunya menjadi kesayangan keluarga.

Namun pilihan sudah diambil, Rizka akhirnya merelakan untuk berpisah sejenak dengan keluarganya meskipun harus menahan rindu.

“Waktu awal pendidikan selama empat tahun pada pendidikan tingkat pertama berat, karena saya dari kecil ikut orang tua terus lulus SMA langsung pisah karena pendidikan di Semarang. Bahkan setiap hari nulis diary, mama kenapa saya bisa masuk Polwan,” kata dia kepada Bangka Pos, Selasa (31/8/2021).

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved