Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bawaslu Babel Buka Pendaftaran 393 PKD untuk Kelurahan dan Desa, Inilah Tugasnya

Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa, selanjutnya disebut PKD merupakan salah satu lembaga yang berwenang mengawasi t

Penulis: Rifqi Nugroho | Editor: Iwan Satriawan
istimewa
Ketua Bawaslu Provinsi Bangka Belitung, EM Osykar. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 2024 mendatang, tentu membutuhkan pengawasan pada setiap tahapan yang dilalui, baik itu di tingkat Provinsi ataupun sampai lingkungan wilayah paling bawah.

Untuk melaksanakan pengawasan tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membuka pendaftaran bagi Panwaslu Kelurahan atau Desa (PKD).

Ketua Bawaslu Bangka Belitung, EM Osykar, menyatakan, sesuai Undang - Undang fungsi dari PKD tersebut yaitu mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat kelurahan atau desa.

 "Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa, selanjutnya disebut PKD merupakan salah satu lembaga yang berwenang mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat kelurahan atau desa. Sebagaimana diatur dalam Pasal 89ayat (1) dan ayat (2) huruf e Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017," kata Osykar, saat dihubungi Bangkapos.com, Rabu (18/1/2023).

Osykar mengatakan, merujuk dari ketentuan jumlah PKD yang akan di rekrut, sebanyak 393 orang yang sesuai dengan jumlah Kelurahan dan Desa seluruh Provinsi Babel.

"Nanti kita akan menerima sebanyak 393 orang, selaras dengan jumlah Kelurahan dan Desa seluruh Provinsi Babel. Jadi ada satu PKD di setiap wilayah," tambah Osykar.

Selanjutnya, dirinya juga meyebutkan, saat ini proses pendaftaran masih berlangsung dan akan ditutup pada tanggal 19 Januari.

"Pada saat ini, stelah selesai tahapan pengumuman pendaftaran calon PKD dari tanggal 9 sampai 13 Januari, selanjutnya pendaftaran dibuka tanggal 14-19 Januari 2023. Jadi sampai saat ini masih dibuka pendaftarannya," tuturnya.

Dari pendaftaran yang sudah dibuka dalam beberapa hari tersebut, data terakhir menunjukkan sebanyak 279 orang telah melakukan pendaftaran.

" Terakhir, per semalam update total baru 279. Dari 393 orang yang dibutuhkan tadi," tutupnya.

(Bangkapos.com / Rifqi Nugroho)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved