Berita Pangkalpinang

Ketua SPSI Babel Ingin Bertemu, Gubernur Erzaldi Siap Audensi dan Dukung Hak Pekerja

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengungkapkan dirinya peduli terhadap hak-hak pekerja di Babel.

Ketua SPSI Babel Ingin Bertemu, Gubernur Erzaldi Siap Audensi dan Dukung Hak Pekerja
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM-- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengungkapkan dirinya peduli terhadap hak-hak pekerja di Babel. Termasuk menyetujui Upah Minimum Provinsi (UMP) Babel 2019 sebesar Rp 2,9 juta.

Penetapan UMP ini berdasarkan SK Gubernur Kepulauan Bangka Belitung No 188.44/831/DISNAKER/2018 tentang Upah Minimum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2019 yang ditandatangani pada 31 Oktober 2018.

"Mengenai pengawasan terhadap perusahaan, Dinas Tenaga Kerja Babel sudah melakukan fungsi dan tugasnya. Kalau ada laporan terkait hak-hak pekerja silakan lapor ke disnaker. Kedepan, tentunya saya siap berdiskusi dengan SPSI Babel," kata Erzald Rosman, Jumat (23/8/2019).

Tanggapan itu disampaikan Erzaldi terkait pernyataan Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Babel Darusman yang menyebutkan Gubernur Babel Erzaldi harus ikut andil mengawasi bidang ketenagakerjaan.

Gubernur menurut Darusman,  sebagai Ketua dari Lembaga Kerja Sama (LKS) Babel menyangkut ketenagakerjaan, sehingga dapat melakukan penekanan agar semua pengusaha di Babel menjamin pekerja dalam program jaminan sosial.

"Kami kritisi beliau (gubernur) soal penegakan tenaga kerja, karena masih banyak pelanggaran. Hendaknya gubernur sesekali bersuara lantang,"tegas Darusman.

Menurutnya, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) sebetulnya ingin membantu pemerintah, namun ada beberapa oknum yang malah mengatakan jika SPSI adalah tukang rusuh.

Namun sebaliknya SPSI sangat cinta dengan Babel, oleh karena itu pihaknya berusaha agar penegakkan hukum tentang ketenagakerjaan ini benar-benar tegak.

Lebih lanjut ia menjelaskan jika dari awal Erzaldi menjabat, sampai dengan saat ini, belum pernah satu kali pun Erzaldi melakukan audiensi dengan SPSI.

Oleh karena itu SPSI sudah memiliki rencana untuk bisa beraudiensi dengan gubernur.

Menanggapi hal ini, Erzaldi menyatakan, siap melakukan silaturahmi dan diskusi bersama SPSI Babel.

Erzaldi memberikan apresiasi pada SPSI yang telah membantu pemerintah, dalam hal ini pengawasan perusahaan terkait hak-hak pekerja.

"Silakan pihak SPSI Babel jika ingin audiensi dan saya minta pihak protokol menjadwalkan pertemuan. Tentunya ini saya ikut senang, karena bertujuan untuk kebaikan pekerja," ujar Erzaldi.

Diakui Erzaldi, Pemprov Babel pernah memfasilitasi ruang pertemuan di Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, saat KSPSI Pertanian dan Perkebunan Babel menggelar musyawarah daerah (musda) pada Maret 2019.

Bahkan menurut Mantan Bupati Bangka Tengah ini, Gubernur Babel pernah menerima penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan, yang menunjukkan dirinya konsisten terhadap hal-hal berkenaan tenaga kerja. (Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved