Breaking News:

Hati-hati, 8 Kebiasaan Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Usus

Alkohol bersifat adiktif, sangat beracun, dan dapat memiliki efek fisik dan mental yang berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Editor: suhendri
Freepik
Ilustrasi penyakit menyerang usus 

BANGKAPOS.COM - Ratusan spesies bakteri berada di usus, sebagian bakteri tersebut baik untuk usus, sementara yang lain tidak.

Sebagian besar bakteri di usus termasuk dalam salah satu dari empat kelompok, yakni Firmicutes, Bacteroidetes, Actinobacteria atau Proteobacteria.

Setiap kelompok bakteri berperan dalam kesehatan dan membutuhkan nutrisi yang berbeda untuk pertumbuhan.

Bakteri usus yang ramah penting untuk pencernaan.

Mereka menghancurkan bakteri berbahaya dan mikroorganisme lainnya, kemudian menghasilkan vitamin K, folat, dan asam lemak rantai pendek.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Asam Lambung Perlu Diwaspadai

Ketika flora usus mengandung terlalu banyak bakteri berbahaya dan tidak cukup bakteri baik, ketidakseimbangan dapat terjadi.

Kondisi ini dikenal sebagai dysbiosis. Baik dysbiosis dan pengurangan keragaman flora usus telah dikaitkan dengan resistensi insulin, penambahan berat badan, peradangan, obesitas, penyakit radang usus, dan kanker kolorektal.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar bakteri usus agar tetap ramah dan berlimpah.

Namun, ada beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan usus, berikut daftar lengkapnya, seperti dilansir dari Healthline.

1. Tidak Makan Beragam Makanan

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved