Breaking News:

Berita Bangka Barat

Muntok Berstatus Waspada Cuaca Ekstrem, Dua Hari ke Depan Hujan dengan Intensitas Sedang - Lebat

BMKG Pangkalpinang melapor enam kecamatan wilayah di Kabupaten Bangka Barat berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Penulis: Yuranda | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Yuranda
Seorang warga yang sedang berteduh dan menunggu hujan reda, di Pasar Tradisional Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Selasa (30/8/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melapor enam kecamatan wilayah di Kabupaten Bangka Barat berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Satu di antara wilayah yang terjadinya hujan lebat kategori waspada di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sejak Selasa (30/8/2022) pagi wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Simpangteritip,  diperkirakan hujan deras kategori normal, hal yang sama terjadi di Kecamatan Kelapa, Tempilang, Jebus dan Parittiga.

Baca juga: Harga Telur Ayam di Bangka Bellitung Terpantau Naik, KPPU akan Berdiskusi dengan Pinsar PPN

Baca juga: Baru Kenal Lewat Medsos Sepekan, Pria di Toboali Aniaya Teman Wanita hingga Ancam Pakai Pisau

Kondisi yang sama diperkirakan terjadi dua hari kedepan, Rabu (31/8/2022) dan Kamis (1/9/2022) diperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di wilayah Kabupaten Bangka Barat dan sekitarnya rentang waktu pagi hingga siang hari.

Demikian yang disampaikan oleh Koordinator Bidang Data dan Informasi, BMKG Pangkalpinang, Bangka Belitung Kurniaji, kepada Bangkapos.com, Selasa (30/8/2022).

Ia menjelaskan, maksud dari level waspada yang ditetapkan di Wilayah Kecamatan Muntok ini, merupakan skenario terburuk yang akan terjadi di wilayah tersebut.

"Kami berikan status waspada guna mengingat besarnya potensi hujan sedang hingga lebat dan data historis kejadian banjir atau genangan di wilayah tersebut," kata Kurniaji.

Baca juga: Rekan Kerja Kaget Dengar Direktur PT MSP Meninggal di Hotel, Sebelumnya Sempat Sarapan Bareng

Baca juga: Dinyatakan Terbukti Korupsi, Eks Bendahara Pengeluaran Dinkes Babel Diganjar Hukuman 6 Tahun Penjara

Adapun potensi hujan kategori waspada level tiga dari total lima level tingkat waspada masih dikatakan normal.

"Namun, setelah level lima itu masuknya level enam sampai dengan sembilan berstatus SIAGA dan level AWAS," jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada pengguna jalan yang menggunakan kendaraan sepeda motor agar mempersiapkan jas hujan dan berhati-hati saat berkendara.

Hindari tempat terbuka apabila terjadi petir atau kilat dan jangan berlindung di bawah pohon jika terjadi angin kencang dan petir.

( Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved